Jumat 21 Jul 2017 18:40 WIB

Bupati Bogor Janji Bangkitkan Jumat Bersih

Bupati Bogor Nurhayanti
Foto: Republik/Agung Sasongko
Bupati Bogor Nurhayanti

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG -- Bupati Bogor, Jawa Barat, Nurhayanti berkomitmen membangkitkan kembali program Jumat Bersih agar kesadaran masyarakat terhadap kesehatan lingkungan di wilayahnya bertambah. Hal tersebut dikatakannya usai melakukan Jumat Bersih di Stadion Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor, Jumat (21/7). "Belum, masyarakat belum berkesadaran, masa kalau mereka lihat kita bersih-bersih tidak tergugah. Begitu," kata dia.

Menurutnya, agenda Jumat Bersih tersebut penting sebagai percontohan nyata masyarakat tentang menjaga lingkungan. Bupati ikut membersihkan sampah dedaunan di selokan dekat pintu gerbang timur Stadion Pakansari yang juga dipadati sebuah terpal diduga bekas pedagang kaki lima.

Sementara seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) terbagi di seluruh jalan komplek pemerintahan. Nurhayanti menyampaikan kecewa terhadap masyarakat yang terbiasa membuang sampah sembarangan. "Saya setiap Senin, atau habis hari libur kalau lewat bisa di lihat sampah sampai berterbangan," ujarnya.

Ia menyatakan akan menugaskan kepala dinas terkait untuk bertanggungjawab memelihara lingkungan komplek pemerintahan, khususnya area Stadion Pakansari yang sudah menjadi simbol daerah dan diminati banyak wisatawan lokal maupun daerah lainnya. Instansi terkait seperti Dinas Pendidikan Olah Raga (Dispora) akan bertanggung jawab terhadap kebersihan area Pakansari.

Sedangkan di jalan raya oleh Dinas Tata Bangunan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) bagian mengelola sampahnya. Ia juga berharap partisipasi masyarakat terhadap tindakan yang dilakukan pemerintah dalam menjaga kebersihan semakin hari kian bertambah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement