Kamis 20 Jul 2017 08:35 WIB

Wapres akan Resmikan Proyek Pembangunan SPAM

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Andi Nur Aminah
Mantan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Mantan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla akan meresmikan groundbreaking pembangunan konstruksi Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (20/7). Dalam peresmian tersebut, Jusuf Kalla didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Rencana wakil presiden akan bertolak menuju Surabaya dengan Pesawat Kepresidenan Bae-RJ 85 dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma. Sesampainya di Surabaya, wakil presiden akan menggunakan Helikopter TNI AU untuk melanjutkan perjalanannya menuju Umbulan, Kabupaten Pasuruan.

 

Jusuf Kalla juga diagendakan melakukan peninjauan pengecoran proyek, yang didahului dengan pencetakan tangan dengan gypsum di areal yang sama. Proyek SPAM Umbulan merupakan Proyek Strategis Nasional dengan pola Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), yang pertama kali menggunakan skema VGF (Viability Gap Fund – Dana Dukungan Kelayakan).

Proyek ini bertujuan untuk mengalirkan air curah dengan kapasitas produksi sebesar 4.000 liter air per detik dengan jaringan sistem transmisi sepanjang 93,7 kilometer dari mata air Umbulan ke lima PDAM di Provinsi Jawa Timur. Lima provinsi tersebut yaitu PDAM Surabaya, PDAM Kabupaten Pasuruan, PDAM Kota Pasuruan, PDAM Kota Sidoarjo, dan PDAM Kota Gresik yang nantinya akan dinikmati oleh sekitar 1,3 juta jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement