Jumat 07 Jul 2017 08:44 WIB

3 Daerah Jadi Prioriras Restorasi Lahan Gambut di Sumsel

Lahan gambut yang terbakar (ilustrasi)
Lahan gambut yang terbakar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memprioritaskan tiga kabupaten untuk dilakukan restorasi lahan gambut pada 2017. Usulan itu sudah mendapat persetujuan Badan Restorasi Gambut (BRG)."Kabupaten yang menjadi sasaran restorasi lahan gambut itu karena arealnya cukup luas dan rawan terbakar," kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Jumat.

Menurut dia, daerah yang menjadi perioritas restorasi gambut itu Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin dan Ogan Komering Ilir. Sementara lokasinya antara lain Sungai Sugihan, Lalan, Sungai Merang dan Sungai Lumpur.

Alex mengatakan, BRG mendukung sepenuhnya restorasi yang juga pertumbuhan ekonomi hijau itu. Memang, lanjut dia, restorasi lahan gambut harus melibatkan semua pihak karena banyak faktor terkait. Hal ini karena lahan memiliki berbagai fungsi dan perizinan sehingga restorasi tidak bisa dilakukan pemerintah daerah saja.

Menurut dia, restorasi gambut itu bukan saja memberdayakan lingkungan hutan tetapi juga upaya mencegah agar kebakaran tidak terjadi. "Hal ini karena lahan gambut rawan terbakar apalagi saat musim kemarau sehingga perlu diantisipasi," ujar Alex. Upaya pencegahan itu bukan saja melakukan program restorasi tetapi juga memberdayakan masyarakat sekitar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement