Kamis 06 Jul 2017 16:17 WIB

Puluhan Rumah di Deli Serdang Rusak Akibat Puting Beliung

Rep: Issha Harruma/ Red: Bayu Hermawan
Rumah rusak akibat angin puting beliung (ilustrasi)
Foto: dok. Kodim Jember
Rumah rusak akibat angin puting beliung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Angin puting beliung menerjang dua kecamatan di kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Tiga bocah mengalami luka-luka dan puluhan rumah rusak akibat bencana ini. Puting beliung terjadi di kecamatan Patumbak dan Biru-biru.

Sekretaris BPBD Deli Serdang Darwin Surbakti mengatakan, ada dua desa di kecamatan Patumbak yang dilanda angin tersebut, yakni Lantasan Lama dan Patumbak 2. "Peristiwa itu terjadi setelah hujan melanda kawasan Patumbak, sekitar pukul 18.30 WIB kemarin," kata Darwin, Kamis (6/7).

Darwin menyebutkan, ada 46 rumah yang rusak di desa Lantasan Lama. Sementara di Patumbak 2, terdapat 24 rumah yang rusak akibat diterjang puting beliung. Dari jumlah itu, terdapat belasan rumah yang rusak berat.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, tiga bocah mengalami luka ringan setelah tertimpa reruntuhan rumah mereka. "Sempat dibawa ke rumah sakit dan sudah diperbolehkan pulang," ujar Darwin.

Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Deli Serdang, Supriadi menambahkan, puting beliung juga terjadi di desa Sidomulyo, kecamatan Biru-biru. "Di desa ini ada dua rumah yang rusak, satu rumah rusak sedang dan satu rumah lagi mengalami rusak ringan," kata Supriadi.

Pascakejadian, BPBD Deli Serdang bersama pihak terkait lain, seperti PMI, telah mendirikan posko dan membagikan bantuan makanan kepada para korban. Mereka pun mendirikan tenda darurat bagi para warga yang rumahnya terdampak angin puting beliung.

"Kami masih terus melakukan pendataan apakah masih ada korban yang terdampak," kata Supriadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement