Ahad 02 Jul 2017 08:55 WIB

Lombok Barat Gelar Perayaan Lebaran Topat

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bayu Hermawan
 Warga berebut ketupat agung saat mengikuti Lebaran Topat atau Hari Raya Ketupat (ilustrasi)
Warga berebut ketupat agung saat mengikuti Lebaran Topat atau Hari Raya Ketupat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK BARAT -- Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pariwisata menggelar perayaan lebaran topat di Pantai Duduk, Batulayar, pada Ahad (2/7) pagi.

Bupati Lombok Barat Faozan Khalid mengawali prosesi Lebaran Topat dengan mengunjungi Kantor Camat Batulayar dan juga berziarah di Makam Batulayar.  Uniknya, perjalanan Faozan beserta rombongan dilakukan dengan menaiki Cidomo (sebutan delman bagi warga Lombok).

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Ispan Junaidi mengatakan prosesi menaiki Cidomo dalam perayaan Lebaran Topat memiliki nilai historis bagi warga Lombok di masa terdahulu.

"Cidomo mengingatkan kita bagaimana para orangtua dulu naik Cidomo kemana-mana, termasuk saat lebaran topat ke sejumlah pantai di kawasan Senggigi," kata Ispan di Pantai Duduk, Ahad (2/7).

Ispan menyampaikan, lebaran topat merupakan salah satu agenda yang ada dalam kalender pariwisata Lombok Barat sebagai promosi pariwisata daerah.

Ispan berharap tradisi lebaran topat mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Lombok Barat dengan suasana hari raya dan juga menaikan tingkat kunjungan wisata. Pada tahun lalu, Ispan menuturkan tingkat okupansi hotel di Lombok Barat cukup tinggi.

"Tahun lalu tidak ada low season di Lombok Barat, semoga tahun ini juga. Lebaran topat juga sebagai upaya menggairahkan wisata halal Lombok," ungkap Ispan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement