Sabtu 01 Jul 2017 14:14 WIB

Penumpang Arus Balik Terminal Kalideres Terus Meningkat

Mudik (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Mudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah penumpang arus balik Lebaran 2017 yang tiba di Terminal Kalideres, Jakarta, terus meningkat pada Sabtu dan diprediksi mencapai puncaknya pada Minggu besok, kata Kepala Terminal Bus AKAP Revi Zulkarnaen di Jakarta, Sabtu.

"Pada H+5 hari ini dimulai dari pukul 00:00 hingga 13:00 WIB jumlah penumpang yang tiba sebanyak 2.820 dengan 171 bus," kata Revi.

Rekapitulasi data jumlah penumpang yang tiba di Terminal Kalideres dari berbagai wilayah di Pulau Sumatra dan Jawa menujukkan tren peningkatan seiring akan berakhirnya libur Lebaran 2017.

Tercatat sebanyak 1.221 penumpang tiba di Terminal Kalideres pada H+1, 1.319 penumpang pada H+2, 2.099 penumpang pada H+3 dan 2.483 penumpang pada H+4.

"Dilihat dari data penumpang yang tiba hari ini lebih banyak dari kemarin. Sementara untuk puncak arus balik diprediksi besok hingga Senin dini hari," kata Revi.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus balik, otoritas Terminal Kalideres terus menyiagakan posko pengamanan dan pelayanan terpadu Lebaran selama 24 jam.

Selain itu, digelar Operasi Kemanusiaan dan Operasi Preman demi memastikan keamanan para pemudik yang tiba di terminal.

Operasi Kemanusiaan digelar untuk menjaga penumpang dan barang bawaannya, sementara Operasi Preman diarahkan untuk menjaring oknum tertentu yang dianggap berpotensi membahayakan keselamatan penumpang dan memastikan tidak ada preman berkeliaran di Terminal Kalideres.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyediakan sejumlah angkutan malam hari (amari) untuk penumpang arus balik di Terminal Kalideres dan sejumlah terminal utama di Jakarta.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement