Jumat 30 Jun 2017 18:17 WIB

Jokowi Sopiri Obama Keliling Istana

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Joko WIdodo (kanan) bersama Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama (kiri) berjalan menuju Cafe Grand Garden Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Presiden Joko WIdodo (kanan) bersama Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama (kiri) berjalan menuju Cafe Grand Garden Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kunjungan presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama, ke Istana Bogor, Jawa Barat. Pertemuan antara Jokowi dengan presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat itu pun hanya berlangsung singkat.

Obama tampak tiba di Istana Bogor pada pukul 15.30 WIB. Hanya selama sekitar satu jam Obama dan Jokowi berbincang. Setelah tiba di teras Istana Bogor, Obama pun langsung disambut oleh Presiden Jokowi serta Iriana Jokowi. Putra Jokowi, Kaesang Pangarep, pun tampak terlihat hadir dalam penyambutan kedatangan Obama.

Setelah itu, Presiden Jokowi mengarahkan Obama untuk mengisi buku tamu di Gedung Induk Istana Bogor. Kemudian tak lama setelah itu, Jokowi mengajak berbincang Obama di beranda bersama Iriana Jokowi.

Acara pun dilanjutkan dengan mengajak Obama menuju ke Grand Garden. Karena jaraknya cukup jauh dari Istana Bogor dengan berjalan kaki, Jokowi pun mengemudikan mobil golf. Perbincangan di Grand Garden tidaklah lama. Hanya sekitar 10 menit keduanya berbincang, tapi tiba-tiba hujan pun turun.

 

Kemudian, keduanya pun pindah ke ruangan tertutup untuk berteduh. Menurut Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, di ruangan tersebut, Jokowi dan Obama melanjutkan perbincangan selama 30 menit.

"Duduk di ruangan terbuka (pukul) 15.45 WIB. 10 menit ngobrol, (lalu) hujan geser ke dalam ruang tertutup tapi terbuka, depannya lalu berbicara sekitar 30 menit," ujar Bey kepada wartawan, Jumat (30/6).

Lama perbincangan antara keduanya pun ternyata tak sesuai jadwal yang diagendakan. Obama seharusnya dijadwalkan meninggalkan Istana Bogor pada pukul 16.15 WIB. Namun, lamanya perbincangan yang dilakukan dengan Jokowi, Obama pun baru meninggalkan Grand Garden pada pukul 16.30 WIB.

Dalam kunjungan persahabatan ini, Obama disuguhi beraneka macam menu makanan tradisional dan jajanan pasar. Seperti onde-onde, kue mangkok, lemper ayam, bakso kuah, dll. Selain itu, ada pula teh hangat sebagai penghangat perbincangan di kala hujan. Menurut Bey, Obama pun melahap habis jajanan pasar yang disajikan selama pertemuan ini.

"Menurut yang menyajikan dilahap habis dan selesai pembicaraan pulang," tutup Bey.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement