Jumat 30 Jun 2017 08:03 WIB

Perhatikan Ini Kalau Anda akan ke Kebun Raya Bogor Hari Ini

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Ratna Puspita
Wisatawan memadati Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/6).
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Wisatawan memadati Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/6).

REPUBLIKA.CO.ID, 44 Barack Obama pada Jumat (30/6) hari ini. Kendati demikian, pengelola Kebun Raya Bogor tetap melakukan sejumlah penyesuaian.

"Sudah dilakukan rapat beberapa kali, dan Obama memang akan ke Istana Bogor, karena lokasi Istana Bogor masih dalam satu kawasan dengan KRB, maka ada persiapan khusus," kata Humas Kebun Raya Bogor LIPI Ayi Doni Darussalam, Kamis (30/6).

Doni mengatakan KRB melakukan dua penyesuaian terkait kedatangan Obama, yaitu jumlah pintu yang bakal dibuka untuk umum dan lokasi parkir. Dia menuturkan dua dari empat pintu KRB akan ditutup hari ini.

Dia menyebutkan dua pintu tersebut, yaitu Pintu 2 KRB di Jalan Ir H Djuanda dan Pintu 4 KRB di di Jalan Pajajaran, depan Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Baranangsiang.

Selain itu, khusus hari ini, pengunjung tidak bisa memarkirkan kendaraan di dalam area KRB. "Tidak bisa parkir di dalam, baik itu motor, mobil mau pun bus, mungkin untuk motor bisa di belakang Gedung Pusat Konservasi dekat pintu utama," kata Doni.

Karena itu, pintu tiga yang biasa digunakan pengunjung yang membawa mobil hanya boleh digunakan tanpa kendaraan. KRB pun mempersilakan pengunjung silakan mencari alternatif parkir.

Doni menambahkan persiapan lain yang dilakukan KRB terkait dengan pengamanan. "Penambahan personel TNI dan Polri yang akan ditempatkan di seluruh pintu masuk KRB," ujar dia.

Obama beserta keluarga berkunjung ke Istana Bogor untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo. Presiden akan menggelar jamuan makan siang untuk Obama dan keluarga di Green Garden Cafe, yang berada di dalam Kebun Raya Bogor. Rencananya, Obama juga akan diajak melihat Kebun Raya Bogor.

Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0606/Kota Bogor Letkol Inf Dodi Suhardiman mengatakan persiapan pengamanan sudah dilakukan. “Intinya kita siap menyambut kedatangan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Kota Bogor,” kata dia.

Selain makan siang dengan Jokowi di Istana Bogor, Obama dijadwalkan memberikan pidato pada Kongres Diaspora di Jakarta, Sabtu (1/7) besok. Sebelum ke Jakarta, Obama dan keluarganya liburan ke Bali dan Yogyakarta.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement