Kamis 29 Jun 2017 18:47 WIB

Polda Kerahkan Empat Ribu Personel Amankan Obama

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Barack Obama
Foto: Reuters
Barack Obama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya mempersiapkan keamanan bagi kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) ke-44 Barack Hussein Obama ke Jakarta, Jumat (30/6) besok. Sebanyak empat ribu personel keamanan diterjunkan untuk mengamankan beberapa titik yang menjadi tujuan Obama selama tiga hari berada di Jakarta.

"Kami sudah siap pengamanan. Tadi kami sudah lakukan apel gelar pasukan. Dalam rangka (Kongres) Diaspora dan kedatangan Pak Obama... Semua ada 4.000 personel," kata Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Mochammad Iriawan di Kebun Binatang Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (29/6).

Ia menjelaskan, seluruh tempat yang akan dikunjungi Obama pun telah disiapkan dengan baik. Obama memiliki sejumlah kegiatan selama berada di Jakarta mulai Jumat hingga Ahad (2/7). Termasuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor.

"Semua sudah tersetting. Baik objek, tempat makan, kemudian juga acara lalu besok ke Istana Bogor," ujar Iriawan.

Kunjungan Obama ke Istana Bogor pada Jumat (30/6) besok dilakukan setelah ia mengunjungi Bali dan Yogayakarta. Pertemuan antara Presiden Jokowi dan Obama pun akan berlangsung secara informal sembari makan siang.

Agenda lain Obama, yaitu menghadiri Kongres Diaspora ke-4 di Mal Cassablanca, Jakarta Selatan, pada Sabtu (1/7). Di kongres itu, Obama akan berpidato mengenai pembangunan negeri, globalisasi, dan pluralisme.

Dalam sesi pidato tersebut, jumlah pengunjung dibatasi hanya 3.500 tamu yang terdiri dari anggota diaspora dan undangan.

Saat ini, Obama berada di Yogyakarta untuk berwisata bersama keluarganya. Sebelumnya, Obama berlibur ke Bali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement