Senin 26 Jun 2017 15:22 WIB

Ribuan Warga Hadiri Open House Sultan Sepuh Cirebon

Rep: Lilis Handayani/ Red: Yudha Manggala P Putra
Warga menghadiri open house Sultan Sepuh Cirebon.
Foto: Lilis Handayani
Warga menghadiri open house Sultan Sepuh Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat menggelar open house Idul Fitri 2017 di Keraton Kasepuhan Cirebon, Senin (26/6). Dalam acara itu, warga yang datang mencapai sekitar dua ribu orang.

Berdasarkan pantauan, warga datang berduyun-duyun ke Keraton Kasepuhan sejak pagi hari. Mereka pun rela berbaris antre untuk bisa bersalaman dengan Sultan dan keluarganya. Dalam kesempatan itu, Sultan Sepuh didampingi istrinya, Raden Ayu Syarifah Isye Natadinigrat, adik-adik Sultan maupun putra-putri Sultan.

Tak hanya bersalaman, warga juga berkesempatan untuk berfoto bersama Sultan. Mereka pun bisa melihat-lihat Keraton Kasepuhan dan menikmati makanan khas Cirebon berupa docang. Saat adzan Dzuhur berkumandang, mereka bisa shalat di Langgar Agung maupun di Mesjid Agung Sang Cipta Rasa, yang dibangun para Wali Sanga.

Salah seorang warga Cirebon yang tinggal di Jakarta, Reni, mengaku sengaja datang dalam acara open house yang digelar Sultan Sepuh. Pasalnya, dia sangat ingin bertemu dan bersalaman dengan sultan dan keluarganya. ''Kalau hari-hari biasa kan tidak bisa. Jadi sekarang ini kesempatannya,'' tutur Reni yang datang bersama keluarganya itu.

Hal senada diungkapkan seorang warga Bogor, Yuyum. Dia mengatakan, sangat ingin berfoto bersama Sultan sebagai kenang-kenangan. ''Saya baru pertama kali mengunjungi Keraton Kasepuhan. Apalagi bertemu langsung dengan Sultannya. Pokoknya senang sekali,''ujar Yuyum, yang sedang berlebaran di rumah kerabatnya di Kabupaten Kuningan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement