Sabtu 10 Jun 2017 23:16 WIB

Jalur Cilegon-Merak Minim Penerangan

Red: Ilham
Penerangan jalan umum (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Penerangan jalan umum (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Ruas jalur Kota Cilegon-Merak hingga kini minim penerangan sehingga rawan kecelakaan lalu lintas pada malam hari, khususnya pemudik sepeda motor. Pantauan pada Sabtu (10/6) malam, ruas jalan Grogol, Kota Cilegon sampai Pelabuhan Merak melalui jalur Cikuasa Bawah gelap.

Para pemudik yang menggunakan sepeda motor diperkirakan akan kesulitan pandangan. Padahal, jalur tersebut merupakan kawasan industri. Bahkan, ruas jalan itu kerapkali menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Jika cuaca hujan, banyak kendaraan roda dua yang hendak menyeberang menuju Pulau Sumatera terjatuh setelah melintasi rel kereta di jalan Cikuasa Bawah itu. "Kami minta pemudik yang hendak menuju Merak mewaspadai minimnya penerangan yang bisa mengakibatkan kecelakaan juga rawan kejahatan," kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo.

Kapolda mengimbau para pemudik sepeda motor yang melintasi jalur Cikuasa Bawah hingga Merak berhati-hati. Pihaknya juga meminta para pemudik agar berangkat pada siang hari. Selain itu, berangkat siang juga lebih aman karena tidak menimbulkan antrean panjang dibandingkan malam hari.

Namun, kebanyakan pemudik lebih memilih berangkat malam sampai dinihari sehingga menimbulkan antrean panjang. Menurut dia, saat ini beberapa titik ruas jalan menuju Merak ada yang masih dalam perbaikan. Pihaknya akan melakukan rekayasa arus lalu lintas agar tidak terjadi antrean kendaraan.

Diperkirakan mudik tahun 2017 sama dengan tahun sebelumnya dan akan terjadi kepadatan kendaraan pribadi menuju Pulau Sumatera. Untuk mengantisipasi kemacetan panjang, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya.

"Tahun ini kita terbantu kebijakan PT ASDP Indonesia Cabang Merak yang melayani penjualan tiket online sehingga bisa mengurangi kemacetan," katanya.

Kepolisian Banten akan menyiagakan sebanyak 400 personel dan disebar di titik-titik rawan jalur mudik. "Kami berharap mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar dan selamat sampai tujuan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement