Kamis 08 Jun 2017 17:23 WIB

Jokowi akan Kunjungi Way Kambas

Rep: Mursalin YaslandYASLAN/ Red: Karta Raharja Ucu
Penangkaran Gajah, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, (20/3).
Foto: Republika / Darmawan
Penangkaran Gajah, Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur pada 15 Juli mendatang. Kehadiran presiden ke taman nasional yang terdapat satwa dilindungi tersebut akan menggairahkan program “ayo ke taman nasional”.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mempersiapkan kedatangan presiden bertepatan dengan rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) pada 15 Juli mendatang. Menurut Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Sutono, kehadiran presiden pada Harganas ke-24 juga meresmikan Bandara Radin Inten II, sebagian jalan tol, dan mengunjungi TNWK.

“Setelah peringatan Harganas, presiden juga akan mengunjungi Taman Nasional Way Kambas,” kata Sutono pada rapat persiapan agenda kedatangan presiden di Pemprov Lampung dihadiri Kepala Balai TNWK Subakir dan Kasubdit Promosi Direktorat PJLHK Crystanto, Kamis (8/6). Persiapan peringatan Harganas ke-24 akan berlangsung di lapangan PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

Sutono mengatakan, sekretariat kepresidenan sangat tertarik dengan TNWK, khususnya badak sumatra. Kunjungan presiden ke TNWK, katanya, akan menjadi momentum bagi TNWK untuk menjadi program percontohan “ayo ke taman nasional”. Selain itu, TNWK merupakan tempat yang mudah diakses para pengunjung, sebagai pusat latihan dasar gajah serta menjadi benteng terakhir pelestarian badak.

Sutono menyatakan, kunjungan presiden ke Way Kambas akan dipersiapkan atraksi gajah serta naik gajah. Lebih dari itu, dalam kunjungannya nanti akan dijadwalkan untuk melihat Suaka Rhino Sumatra (SRS), Prosesi Adok badak (Pemberian nama) dan melihat badak.

Kepala Balai TNWK Subakir mengatakan, dalam meningkatkan TNWK pengelola selalu berusaha melakukan yang terbaik dan meningkatkan sarana dan prasarana di taman nasional. "Harapannya dengan adanya perhatian berbagai pihak kepada Taman Nasional Way Kambas akan menjadi lebih baik lagi," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement