Senin 05 Jun 2017 15:56 WIB

Pemkot Sukabumi Pastikan tak Ada Pasar Ramadhan ‘Marema’

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Karta Raharja Ucu
PKL (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
PKL (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkot Sukabumi memastikan tidak ada Pasar Ramadhan ‘Marema’ di Jalan Harun Kabir Kota Sukabumi. Hal ini didasarkan arahan dari Wali Kota Sukabumi. "Pasar Marema sebelumnya sudah ditolak, namun setelah berjalan ada informasi penambahan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Pasar Pelita,’’ kata Asisten Pemerintahan Setda Kota Sukabumi Andri Setiawan kepada wartawan di sela-sela pengecekan PKL di Jalan Harun Kabir Senin (5/6). Hasil dari pemantauan di lapangan kata dia tidak ditemukan adanya penambahan PKL seperti yang dikabarkan sebelumnya.

Menurut Andri, pedagang yang berjualan di Jalan Harun Kabir tersebut masih seperti sebelumnya dan tidak ada penambahan. Intinya lanjut dia pemkot memastikan tidak ada kegiatan Pasar Marema maupun penambahan lapak pedagang di jalanan tersebut.

Ke depan kata Andri, para PKL di Jalan Harun Kabir diminta untuk memperhatikan arus lalu lintas dan lahan parkir. Sehingga lanjut dia terjalin hubungan yang saling menguntungkan dan pengertian antara pedagang di kawasan tersebut.

Diakui Andri, terkendalanya pembangunan Pasar Pelita menyebabkan sebagian pedagang berjualan di Jalan Harun Kabir. Dari data Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) terang dia mencapai sekitar 5..000 PKL.

"Bila pasar sudah terbangun, nantinya mereka akan dimasukkan ke pasar,’’ imbuh dia.

Ketua Himpunan Pedagang Kaki Lima (HPKL) Harun Kabir Sukabumi, CR Smack Down’ mengatakan, dari hasil pengecekan di lapangan bersama pemkot memang tidak ditemukan adanya penambahan pedagang baru di Jalan Harun Kabir. "Sehingga sudah tidak ada masalah hanya pemkot minta tertib dan tidak ada penambahan jumlah pedagang baru,’’ cetus dia.

Sebelumnya ungkap dia, para pedagang sempat mendapatkan dua surat pemberitahuan dari Setda Kota Sukabumi dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi. Surat pertama dari Setda Kota Sukabumi meminta adanya pembongkaran lapak baru di Jalan Harun Kabir.

Sementara dari Satpol PP mengundang pedagang untuk membahas adanya usulan pasar Ramadhan atau marema di Jalan Harun Kabir. "Untuk jumlah pedagang setelah dicek ternyata tidak ada penambahan,’’ imbuh dia.

Di sisi lain ujar dia warga Kota Sukabumi sudah mengetahui tidak adanya pasar marema di Jalan Harun Kabir. Terlebih para ketua RT dan RW sebelumnya telah menolak keberadaan pasar marema. Sehingga kata dia para PKL sempat heran dengan adanya undangan membahas usulan pasar marema dari Satpol PP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement