Sabtu 03 Jun 2017 16:51 WIB

Wisata Kawah Ijen akan Dikelola Pusat

Kawah Ijen di Jawa Timur.
Foto: Dok: Indonesia Travel
Kawah Ijen di Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BONDOWOSO -- Objek wisata Kawah Ijen yang berada di perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dengan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan dikelola langsung oleh pemerintah pusat.

"Objek wisata Kawah Ijen di Kecamatan Ijen sudah masuk Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN), yang pengelolaannya langsung dilakukan pemerintah pusat," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bondowoso Adi Sunaryadi di Bondowoso, Sabtu (3/6).

Ia mengemukakan pada rapat di Kementerian Pariwisata RI beberapa waktu lalu juga dibahas pengelolaan wisata Kawah Ijen yang diperkirakan akan dikelola oleh investor yang ditunjuk karena pada rapat waktu itu juga hadir beberapa investor.

Secara geografis, katanya, wisata Kawah Ijen terbagi dua antara Kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi. Tetapi selama ini objek tersebut dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jember.

 

"Jadi kawasan wisata Kawah Ijen itu akan menjadi wisata internasional yang akan dilengkapi dengan kereta gantung dari paltuding hingga ke kawah. Pengunjung dapat menikmati kawah serta kawasan wisata alam tersebut dari atas kereta gantung," ucapnya.

Menurut Adi, kendati status cagar alam berubah menjadi taman wisata alam namun fungsinya sebagai cagar alam akan tetap dijaga atau hanya pemanfaatannya saja yang akan berubah.

"Dari hasil rapat kami di Kementerian Pariwisata di Jakarta beberapa waktu lalu, kereta gantung yang akan dibangun di kawasan wisata Kawah Ijen itu aksesnya akan lebih banyak dari Bondowoso. Oleh karenanya kami terus aktif mengikuti rapat di kementerian," tuturnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement