Sabtu 03 Jun 2017 12:45 WIB

PAN: Pancasila Merekatkan Anak Bangsa

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Bayu Hermawan
Sekjen PAN, Eddy Soeparno
Foto: Republika/Bilal Ramadhan
Sekjen PAN, Eddy Soeparno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia yang harus diketahui asal-usulnya oleh bangsa Indonesia.

Eddy mengatakan, kelestarian dan kelanggengan Pancasila harus senantiasa dijaga dan diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Lebih dari itu, Pancasila adalah ideologi negara yang nilai-nilai dasarnya harus mampu dicerminkan dalam perilaku sehari-hari oleh anak cucu bangsa Indonesia. Dalam Pancasila, bangsa Indonesia menemukan persamaan yang merekatkan seluruh warga Nusantara.

"Perbedaan yang hadir di tengah-tengah kita justru menunjukkan kekayaan kita sebagai bangsa dari aspek kultural, religi dan tradisi, " kata Eddy melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (3/6).

Eddy juga mengajak kita anak-anak bangsa untuk tetap mengeratkan tangan dan saling berjalan beriringan dalam menjaga kerukunan dan kebhinekaan yang ada di Indonesia. Melihat hari-hari ini perpecahan semakin menjadi-jadi dikarenakan isu SARA yang di besar-besarkan, Eddy mengingatkan bahwa anak bangsa perlu untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan.

"Sebagai bangsa yang besar, kita wajib menjaga kerukunan dan saling menghormati terhadap sesama. Karena bagaimanapun juga kita tetap bersaudara dalam ruang lingkup NKRI," ujarnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila, menurut dia semestinya menjadi alarm bagi kita semua untuk kembali meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita tentang ideologi bangsa Indonesia.

Tidak hanya itu, momentum Hari Lahir Pancasila ini juga akan lebih bermakna jika masyarakat Indonesia terkhusus anak-anak muda bangsa terus mencintai keberagaman yang ada di dalam negeri ini.

"Mencintai perbedaan dan menjaga kerukunan di bumi pertiwi," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement