Senin 29 May 2017 21:45 WIB

Dishub Depok Segera Cek Kelaikan Angkutan Mudik

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah
Petugas Dinas Perhubungan sedang mengecek kelayakan kendaraan mudik (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Petugas Dinas Perhubungan sedang mengecek kelayakan kendaraan mudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Mendukung keamanan dan keselamatan masyarakat yang hendak melakukan tradisi mudik jelang hari raya Idul Fitri, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan segera melakukan cek kelaikan angkutan Lebaran. "Kami akan melakukan ram chek terhadap kesiapan angkutan Lebaran, untuk memastikan kendaraan yang akan dipakai pemudik laik jalan sesuai standar keselamatan. Kegiatan ram chek ini adalah bentuk pengawasan dan pengendalian terkait kesiapan angkutan Lebaran. Memastikan kendaraan sehat adalah bagian dari tugas kami," ujar Sekretaris Dishub Depok, Yusmanto di Balai Kota Depok, Senin (29/5).

Adapun kegiatan ram chek ini, terang Yusmanto, akan dilaksanakan di pool bus atau di terminal. Ram chek yang dilakukan meliputi, pengecekan ban, rem, spidometer, juga kelengkapan surat-surat kendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

"Jika sudah diperiksa dan kendaraan dinyatakan dalam kondisi baik, akan kami beri stiker bertuliskan, Laik Jalan Angkutan Lebaran 2017," terangnya.

Yusmanto mengungkapkan, juga akan dilakukan pendataan terkait jumlah penumpang yang akan melakukan mudik, PO bus penyelenggara, dan tarif angkutan Lebaran. Ke depan, Dinas Perhubungan Kota Depok juga akan mengundang pihak PO bus guna koordinasi terkait kesiapan pelayanan angkutan tersebut. "PO bus juga akan kami undang ke kantor, guna pendataan jumlah penumpang dan tarif yang mereka gunakan," kata Yusmanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement