Senin 29 May 2017 20:40 WIB

Sebanyak 2.432 Puskesmas Beri Kemudahan Lansia

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
Layanan kesehatan di puskesmas
Foto: dok Bio Farma
Layanan kesehatan di puskesmas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat sekitar 2.432 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di beberapa kota atau kabupaten di sejumlah wilayah Indonesia memberikan kemudahan-kemudahan untuk pasien lanjut usia (lansia).

Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes Dokter Eni Gustina, MPH mengatakan, sekitar 2.432 puskesmas dan pos pembinaan terpadu (posbindu) yang santun lansia. Artinya sudah ada tenaga terlatih melayani lansia dan loket pendaftaran melayani lansia. 

"Mengambil obatnya pun sama, biasanya one stop service sehingga tidak perlu antre," katanya saat temu media dalam rangka hari peringatan lanjut usia nasional (HLUN) 2017, di Jakarta, Senin (29/5). Ia menambahkan, toilet untuk manula di puskesmas juga ramah lansia, misalnya ada pegangannya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Dokter Anung Sugihantono, M.Kes mengatakan, pelayanan kesehatan yang santun lansia di puskesmas dilaksanakan secara komprehensif meliputi upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan rujukan kepada lansia yang dilakukan secara proaktif, baik, sopan, memberikan kemudahan, dan dukungan bagi lansia. Misalnya di puskesmas santun lansia puskesmas Kebon Jeruk yang memiliki loket pendaftaran khusus lansia. Jadi lansia langsung mendapatkan kalung ID lansia kemudian menuju poli kesehatan manula one stop service (pokemonss), ruang periksa perawat dan dokter, dan pemeriksaan lab standar di satu area.

"Selain itu juga ada pemberdayaan lansia untuk melakukan penyukuhan, konseling dengan didampingi petugas kesehatan, senam lansia, dan pos pelayanan terpadu (posyandu) lansia," ujarnya.

Sementara puskesmas Dumai Timur  di Riau, Puskesmas di Jawa Barat seperti Cimahi, Puskesmas Soreang yang juga sudah memberikan prioritas pelayanan kesehatan bagi lansia yang sudah memiliki loket khusus, ruang tunggu khusus, poliklinik khusus, dan apotek khusus bagi lansia, pembinaan posyandu lansia. 

Kemudian Puskesmas Kandang di Bengkulu dengan kegiatan sudah memberikan prioritas memberikan prioritas pelayanan kesehatan bagi lansia dimana sudah memberikan penomoran khusus di loket sehingga lansia didahulukan pelayanannya mulai poli sampai pengambilan obat. Ia menyebut pembinaan posyandu lansia juga telah dilakukan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement