Kamis 25 May 2017 09:00 WIB

Djarot Imbau Tiap RPTRA Punya Kelebihan Masing-Masing

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat meresmikan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kemuning, di Pejaten Timur, Jakarta
Foto: ist
Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat meresmikan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kemuning, di Pejaten Timur, Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Djatot Syaiful Hidayat meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kemuning, Pejaten Timur, sebagai bagian dari memenuhi target 100 RPTRA di tahun ini.

Dalam sambutannya Djarot meminta RPTRA tidak hanya menjadi ruang terbuka, namun sebagai tempat berkumpul dan sosialisasi warga.

"Saya suka suasananya di RPTRA ini. Pohon-pohon dipertahankan sehingga jadi rindang. Sebelumnya saya selalu bilang bahwa RPTRA harus disesusaikan dengan kondisi lingkungan," ujar Djarot, Rabu, (24/5).

Djarot mengatakan, setiap RPTRA harus memiliki keunggulannya masing-masing. Karena itu ia menyambut baik adanya kerja sama RPTRA Kemuning dengan Badan Narkotika Nasional yang menjadikan lokasi ini sebagai salah satu pos edukasi sehat antinarkoba.

"Karena disini lingkungannya padat penduduk, sehingga tepat unuk menjadi tempat bimbingan konseling anak muda," kata Djarot.

Selain itu Djarot mengingatkan yang tak kalah penting adalah menghadirkan program penyuluhan KB bagi masyarakat. Berdasarkan data, Djarot mengungkapkan, anak-anak di Jakarta yang berusia 9 sampai 15 twhun berjumlah 3,5 juta atau artinya sepertiga penduduk DKI Jakarta adalah anak-anak.

"Dalam memiliki anak, yang tidak kala penting adalah bagaimana merawat dan mendidik, membina, itu yang penting. Nah kalau anaknya banyak tentu merawatnya juga menjadi lebih berat," kata dia.

Head of JAPFA Foundation Andi Prasetyo mengungkapkan rasa bangga dapat ikut bekerja sama dalam menghadirkan RPTRA di lingkungan masyarakat dalam menciptakan sarana dan wadah berkumpul, berkegiatan, dan belajar anak.

"Sejak dicanangkan oleh Pemprov DKI Jakarta, JAPFA FOUNDATION mendukung penuh program RPTRA. Salah satu program kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Kota Jakarta Selatan (BNN Jaksel) bersama Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Selatan, dengan menempatkan pojok sehat anti narkoba serta para relawan penggiat anti-narkoba di RPTRA Kemuning," ujar Andi.

Nantinya Andi mengatakan, JAPFA Foundation juga akan menghadirkan program lainnya yang berkenaan dengan nutrisi, kesehatan keluarga, dan pendidikan agrikultur.

"Dalam kurun waktu sekitar empat bulan, dibangun berbagai fasilitas seperti ruang laktasi, ruang perpustakaan, PKK Mart, Taman Toga, Kolam Protein, sarana bermain anak-anak, lapangan bulu tangkis dan futsal, dan juga ruang serbaguna yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan warga kelurahan Pejaten Timur," kata dia.

"Harapan kami tentunya semua warga Kelurahan Pejaten Timur dapat menggunakan dan merawat RPTRA Kemuning dengan penuh tanggungjawab dan rasa memiliki yang tinggi, agar manfaat RPTRA Kemuning dapat terus dirasakan di masa mendatang," ujar Andi Prasetyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement