Selasa 23 May 2017 17:57 WIB

Ratusan Kades Tinggalkan Purwakarta, Ada Apa?

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah
 Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi
Foto: Republika/Ita Nina Winarsih
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA -- Sebanyak 183 kepala desa asal Kabupaten Purwakarta, hari ini mengunjungi Kabupaten Bogor. Para kepala desa itu, sengaja di kirim ke kabupaten tersebut, guna melakukan studi banding pemerintahan. Pasalnya, Kabupaten Bogor dinilai bagus dalam tatanan pemerintahan desanya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, membenarkan bila hari ini seluruh kepala desanya pergi semua ke Bogor. Kepergian mereka hanya sehari. Yaitu, untuk melaksanakan kunjungan kerja. Pada Rabu (24/5), para kades ini sudah kembali ke Purwakarta untuk menjalankan tugasnya masing-masing. "Kita ingin, mereka mendapat ilmu baru dari daerah tetangga," ujar Dedi, kepada Republika.co.id, Selasa (23/5).

Kepergian 183 desa ini, dinilai sah-sah saja. Apalagi, mereka ke Bogor bukan dalam rangka refreshing. Melainkan, untuk kunjungan kerja. Selain itu, pelayanan di desa tetap jalan. Sebab, masih ada sekertaris desa dan para kepala urusannya (kaur).

Sementara itu, Ketua Apdesi Kabupaten Purwakarta, Anwar Sadat, mengatakan, kunjungan kerja ini merupakan kali pertama dilakukan para kades selama 2017. Pasti banyak hal positif yang bisa diraih oleh kepala desa ini. Mengingat, Kabupaten Bogor dinilai merupakan daerah yang sukses dalam tatanan pemerintahan desanya.

"Kita akan share ilmu, pengalaman, serta keberhasilan pembangunan antar dua wilayah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement