Selasa 23 May 2017 08:36 WIB

Kemendes Dukung Pengembangan Wisata Hutan Desa di Blora

Dana Desa
Dana Desa

REPUBLIKA.CO.ID, BLORA -- Sekeretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Anwar Sanusi menjanjikan suntikan anggaran pengembangan wisata Kedungpupur di kawasan Hutan Desa Ledok, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sebesar Rp 1,5 Miliar. Suntikan anggaran tersebut sebagai dukungan kementerian dalam upaya menyejahterakan masyarakat melalui pengembangan potensi wisata.

Anwar menjelaskan, ada dua cara dukungan yang diberikan dalam pengembangan wisata. Yang pertama, dukungan yang sudah ada, yakni mengarahkan penggunaan Dana Desa (DD). Sedangkan yang kedua adalah dukungan yang bersifat afirmatif (kebijakan).

"Adalah dalam bentuk dukungan kepada Pemerintah Daerah, untuk mengembangkan wilayah ini dengan dana insentif dana Rp 1,5 miliar," kata Anwar Sanusi dalam kunjungan kerjanya di Wana Wisata Migas Kedungpupur, Desa Ledok Kecamatan sambong, Sabtu (20/5).

Dari suntikan dana tersebut ada potensi penambahan. Menurut dia, wisata Kedungpupur sangat perlu dikembangakan dalam bentuk ilmu pengetahuan. Kalau dilihat dari sisi permintaan dan peluang sangat besar. Terutama bagi para siswa untuk mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara mengeksplorasi minyak dan pertambangan lainnya. Dan itu bisa menambah kekayaan psikomotorik bagi para siswa.

“Disamping kekayaan kognitif yang selama ini diperoleh dari meja sekolah," kata dia.

Wakil Bupati Blora, Arief Rohman, menyatakan, bahwa anggaran dari Kemendes PDTT bakal terealisasi tahun ini bersama dengan realisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Pertamina EP Asset 4 Field Cepu sebesar Rp 500 juta. "Kami berharap, manfaatnya nanti bisa kembali ke masyarakat dan untuk kesejahteraan masyarakat," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement