Kamis 18 May 2017 16:38 WIB

Pendaftar MTs di Purwakarta Tinggi

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Hazliansyah
 Siswa-siswi MTS (Ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Siswa-siswi MTS (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Purwakarta, mengklaim minat masyarakat menyekolahkan anaknya ke madrasah cukup tinggi. Salah satu indikatornya, yaitu MTs Negeri 1 Purwakarta yang dibanjiri pendaftar. Saat ini, yang mendaftar ke sekolah tersebut mencapai 800 pelajar.

Plt Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Purwakarta, Tedi Ahmad Junaedi, mengatakan, animo masyarakat terhadap sekolah berbasis agama masih sangat tinggi. Disaat para pelajar SD/MI sedang mengikuti USBN, para orang tua yang mendaftarkan anaknya ke MTs sudah banyak.

"Padahal, daya tampung siswa di sekolah itu hanya 320 pelajar. Tapi, yang sudah daftar mencapai 800 pelajar," ujar Tedi, kepada Republika.co.id, Kamis (18/5).

Hal ini membuat Tedi berkeyakinan madrasah di Purwakarta tidak akan ditinggalkan oleh muridnya. Karena itu, Teddi mengatakan terus berupaya meningkatkan pelayanan agar madrasah tetap digemari. Salah satunya dengan membuat terobosan-terobosan menuju ke arah positif serta kekinian. Seperti, di MTs Negeri 1 Purwakarta, terkenal dengan sebutan madrasah berbasis lingkungan.

"Kita akan terus mendorong, supaya madrasah yang ada di Purwakarta bisa bersaing dengan sekolah umum," ujarnya.

Tedi menyebutkan, di wilayah kerjanya ada tiga madrasah tsanawiyah yang statusnya negeri. Yaitu MTsN 1 Purwakarta, MTsN 2 Plered, serta MTsn 3 Bojong. Sampai saat ini, siswa yang belajar di ketiga madrasah negeri jumlahnya banyak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement