Rabu 17 May 2017 16:38 WIB

Daging Sapi di Medan Masih Stabil Rp 120 Ribu

Rep: Issha Harruma/ Red: Yudha Manggala P Putra
Daging sapi (ilustrasi)
Daging sapi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Jelang Ramadhan, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional di kota Medan masih terpantau normal. Pembeli pun masih belum mengalami lonjakan.

Di pasar Petisah, daging sapi dijual dengan harga Rp 110-120 ribu per kg. Salah seorang pedagang sapi, Abdul Jalil mengatakan, harga ini cenderung masih stabil dan sama seperti hari biasa. "Belum ada naik, masih normal, Rp 120 ribu per kg," kata Abdul kepada Republika, Rabu (17/5).

Selain harga daging sapi yang masih stabil, Abdul mengatakan, jumlah pembeli juga belum mengalami peningkatan. Padahal, biasanya, menurut Abdul, dua minggu sebelum Ramadhan, pembeli selalu melonjak tajam. Jumlah pembeli akan kembali normal pada pekan kedua Ramadhan dan kembali meningkat jelang Lebaran.

"Biasanya, dua minggu sebelum (Ramadhan) udah mulai ramai (pembeli), untuk kenduri, syukuran nyambut puasa. Sekarang inilah mulainya. Tapi ini nggak ada, masih biasa aja," ujar dia.

Menurut Abdul, masih normalnya angka penjualan ini dikarenakan daya beli masyarakat yang sedang rendah. Kondisi ini, lanjutnya, terjadi sejak beberapa bulan terakhir.

Hal senada disampaikan pedagang daging sapi yang lain, Sofyan. Menurut dia, harga daging sapi yang dia jual masih stabil di harga Rp 110 ribu per kg.

"Stok daging sapi sejauh ini masih aman, banyak. Pembeli juga masih normal. Tengok daya beli dulu, kalau yang beli agak banyak, agak dinaikin dikit lah harganya dekat puasa nanti," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement