Rabu 17 May 2017 15:43 WIB

Pemkot Bandung Segera Gratiskan PBB 50 Ribu Warga Miskin

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Winda Destiana Putri
Ridwan Kamil
Foto: Antara
Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mulai pekan depan, Pemkot Bandung akan menggratiskan pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk warga miskin. Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, jumlah warga miskin yang PBB nya akan digratiskan sekitar 50 hingga 60 ribu kepala keluarga.

"Hasil Rapim, pekan depan kami akan membebaskan PBB untuk warga miskin, jadi akan di nol rupiahkan sebagai azas ekonomi kerakyatan, azas ekonomi berkeadilan," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan, Rabu (17/5).

Menurut Emil, Pemkot Bandung menerapkan sistem subsidi silang. Karena harga NJOP di kota bandung sudah meningkat, tapi nilai PBB nya belum menyesuaikan. Jadi, pendapatan kepada negara hanya seperlima dari seharusnya. "Oleh karena itu kami akan melakukan subsidi silang ini," katanya.

Dikatakan Emil, untuk merealisasikan aturan ini, Pemkot akan mengeluarkan perwal pekan depan. "Jadi, tidak usah bayar PBB untuk warga miskin," kata Emil.

Warga miskin yang dibebaskan PBB nya itu, kata dia, adalah warga yang masuk kategori miskin menurut Dinas Sosial. Mereka, harus terdaftar dan sudah terverifikasi di Dinsos.

Selain itu, kata Emil, akan ada penyesuaian PBB di kawasan tertentu yang perekonomiannya mengalami peningkatan. Penyesuaian kenaikan, ditetapkan di daerah tertentu yang dianggap zona ekonominya mengalami kenaikan pesat, karena transaksi tinggi sementara PBB-nya rendah sekali. "Rata-rata yang NJOP nya naik itu di Bandung tengah. Ini yang akan ada penyesuaian," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement