Sabtu 13 May 2017 05:50 WIB

Zumi Zola: Tantangan Kepala Sekolah Kian Berat

Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Gubernur Provinsi Jambi, Zumi Zola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Gubernur Jambi Zumi Zola meminta kepala sekolah di daerah itu berkomitmen meningkatkan kualitas sekolah untuk mendukung misi pembangunan Jambi dalam bidang pendidikan.

"Kepala sekolah mempunyai fungsi yang sangat strategis, berperan penting untuk meningkatkan kualitas sekolah," katanya usia pengukuhan Kepala Sekolah SMA, SMK, SLB dan Pengawas Sekolah se-Provinsi Jambi di Jambi, Jumat.

Zola menjelaskan fungsi kepala sekolah sangat penting untuk mewujudkan misi pembangunan Provinsi Jambi di bidang pendidikan.

Zola menegaskan kepala sekolah dan pengawas sekolah harus punya komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia.

 

Terlebih, tantangan yang dihadapi para kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas sekolah kian lama kian berat karena tuntutan terus meningkat.

Selain itu, perubahan regulasi juga menciptakan tantangan tersendiri. "Perubahan regulasi mengakibatkan peralihan kewenangan pengelolaan SMA dan SMK, dari pemerintah kabupaten/kota ke provinsi menimbulkan tantangan besar karena kewenangan pemerintah provinsi ditambah, tetapi dananya tidak ditambah," ujarnya.

Zola menyadari untuk gaji guru honorer non PNS yang berjumlah sekitar 5.000 orang saja, Pemprov Jambi telah menganggarkan sebesar Rp48 miliar. Alokasi dana tersebut masih kurang karena dibutuhkan Rp62 miliar lebih sampai Desember 2017.

"Sisanya akan dianggaran di APBD perubahan 2017. Saya juga akan memperjuangkan ke DPR, sebab ini sangat penting," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement