Rabu 10 May 2017 07:56 WIB

Rumah Pintar Pemilu Tasikmalaya Diluncurkan

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Angga Indrawan
Pilkada Serentak (Ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Pilkada Serentak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tasikmalaya meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) pada Selasa, (9/5). Tujuan peluncuran RPP dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat soal pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Deden Nurul Hidayat mengatakan RPP ini dikemas mirip museum yang menyimpan data dan dokumentasi perjalanan demokrasi di Kabupaten Tasikmalaya. Alasan pembuatan RPP ini, sambungnya, merupakan instruksi langsung dari KPU Pusat yang dilaksanakan di setiap kabupaten dan kota yang ada di Indonesia.

"Pembentukan RPP karena literasi dan pengetahuan masyarakat ikhwal pemilu masih terbilang rendah. Output utamanya pada peningkatan jumlah partisipasi pemilih di setiap perhelatan hajat demokrasi," katanya pada wartawan, Selasa (9/5).

Nantinya, RPP ini, kata dia dibuka bagi siapa saja. Sehingga masyarakat yang ingin mengetahui sejarah dan perjalanan pemilu di Kabupaten Tasikmalaya bisa datang langsung ke Kantor KPU Kabupaten Tasikmalaya.

"Segala hal yang berkaitan dengan pemilu, ada di RPP mulai dari surat suara dan miniatur simulasi pemilihan juga ada," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum mendukung terbentuknya RPP di KPU Kabupaten Tasikmalaya. Menurutnya, pemahaman masyarakat soal pelaksanaan pemilu terbilang masih sangat rendah. Apalagi jumlah partisipasi pemilih pun, dirasakannya masih belum maksimal.

"Kami berharap RPP ini bisa jadi solusi meningkatnya jumlah partisipasi pemilih," ucapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement