Selasa 09 May 2017 11:20 WIB

Program 1.000 Klinik Muhammadiyah Diutamakan Jangkau Daerah 3T

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Winda Destiana Putri
Klinik Kesehatan (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Regina Safri
Klinik Kesehatan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Usai Muktamar 2015, Muhammadiyah semakin bergegas meningkatkan pelayanan umat di bidang kesehatan. Salah satunya dengan mencanangkan program 1.000 klinik yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Terutama di daerah terluar, terjauh, dan terdalam (3T).

Ketua PP Muhammadiyah Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Taufiqurrahman menyampaikan, program 1.000 klinik sendiri tidak merujuk pada jumlah unit kesehatan yang akan dibangun. Melainkan pada makna 'banyak' yang biasa disematkan oleh orang jawa pada angka seribu. Sehingga, secara praktik Muhammadiyah didorong untuk membangun klinik sebanyak mungkin.

Program tersebut, menurut Agus, dicanangkan hingga 2020 mendatang. Adapun saat ini, Muhammadiyah telah memiliki sekitar 300 unit pelayanan kesehatan. Baik yang berupa klinik maupun rumah sakit. “Targetnya bulan oktober nanti kami sudah punya 600 unit kesehatan di seluruh Indonesia,” kata pria yang juga berprofesi sebagai dokter itu pada Republika, Selasa (9/5).

Agus mengemukakan, pencanangan 1.000 klinik sendiri dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya pada era jaminan kesehatan nasional (JKN) seperti ini keberadaan klinik jauh lebih dibutuhkan. Sebab negara mewajibkan masyarakat berobat ke fasilitas kesehatan (Faskes) pertama terlebih dulu, sebelum ke rumah sakit.

Maka itu melalui keberadaan klinik, diharapkan Muhammadiyah mampu memberikan pelayanan kesehatan pertama pada masyarakat di berbagai daerah. Agus menegaskan, klinik Muhammadiyah sendiri bukanlah lembaga bisnis kesehatan. Melainkan sebuah amal usaha lembaga dakwah untuk menolong kesengsaraan umum.

“Maka itu dalam praktiknya kami akan mengedepankan nilai-nilai kebermanfaatan sesuai dengan visi dan misi dakwah Muhammadiyah,” papar Agus. Namun demikian, sebagai amal usaha, klinik Muhammadiyah juga harus dikelola oleh tim manajemen yang baik agar kondisinya stabil.

Maka itu saat ini PP Muhammadiyah tengah berkoordinasi untuk menyiapkan manajemen klinik yang prima. Di antaranya dengan menyusun buku panduan klinik pratama, menyiapkan lahan pembangunan klinik, dan sumber daya manusia (SDM) pengelola klinik.

Sejauh ini proses untuk menyiapkan tiga hal tersebut berjalan dengan lancar. Buku panduan klinik pratama sendiri sudah tersusun dan siap untuk disosialisasikan pada seluruh pengurus Muhammadiyah. Adapun lahan, banyak yang berasal dari harta wakaf.

“Alhamdulillah untuk lahan banyak yang sudah memberi wakaf. Bahkan ada jamaah yang secara khusus meminta lahan wakafnya agar dijadikan klinik,” kata Agus. Sementara penyiapan SDM memang menjadi salah satu perkara yang membutuhkan proses panjang. Lantaran pendidikan bagi tenaga kesehatan memerlukan waktu yang tidak singkat.

Meski begitu, ketersediaan SDM tenaga kesehatan terbilang aman. Karena Muhammadiyah memiliki perguruan tinggi yang sudah mempunyai program studi kesehatan, seperti kedokteran, kebidanan, farmasi. Sehingga alumninya bisa ditempatkan di amal usaha kesehatan milik Muhammadiyah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement