Rabu 03 May 2017 16:54 WIB

Sambut Ramadhan, Kemensos Siap Distribusikan 50 Ton Kurma

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Hazliansyah
 Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
Foto: ROL/Fakhtar K Lubis
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Sosial menerima hibah kurma sebanyak 50 ton dari Pemerintah Arab Saudi. Kurma tersebut diserahkan langsung Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi kepada Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Kedutaan Besar Arab Saudi, Rabu (3/5).

"Terima kasih banyak untuk perhatian yang diberikan Pemerintah Arab Saudi untuk masyarakat Indonesia. Saya harap hibah ini semakin memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Arab Saudi," ungkap Khofifah, Rabu (3/5) sore.

Khofifah mengatakan, nantinya kurma akan didistribusikan ke fakir miskin, panti asuhan serta pesantren. Menurut dia, kurma tersebut akan disiapkan untuk menyambut puasa. Mengingat akhir bulan Mei ini, umat Islam akan memasuki Bulan Ramadhan.

“Hibah kurma ini akan sangat membahagiakan banyak orang, utamanya kaum muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa,” ujar dia.

Khofifah menerangkan, bantuan 50 ton kurma ini adalah tahap pertama dari 250 ton yang rencananya akan diberikan Pemerintah Arab Saudi, dan 200 ton sisanya akan didistribusikan melalui sejumlah organisasi Islam seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Dia menambahkan, kurma tersebut juga rencananya akan dibagikan ke sejumlah provinsi di Timur Indonesia.

"Masyarakat kita punya tradisi memakan kurma saat berbuka puasa. Insya Allah segera akan kami distribusikan jika sudah kami terima semoga sebelum masuk bulan puasa tiba,” tutur dia.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi mengatakan dipilihnya kurma karena tidak lama lagi umat muslim seluruh dunia akan memasuki bulan Ramadhan.

"Nabi sendiri menganjurkan untuk menyantap kurma saat berbuka puasa. Selain itu kandungannya juga sehat dan bergizi. Insya Allah setiap tahun kami akan upayakan ada kurma," tutur Osama di kesempatan yang sama, Rabu (3/5).

Osama mengatakan, selain Indonesia, Arab Saudi juga memberikan kurma bagi negara-negara muslim lainnya diantaranya Bangladesh, Pakistan, dan Malaysia. Namun secara kuantitas jumlah kurma yang diberikan ke Indonesia jauh lebih banyak dari jatah negara lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement