Selasa 02 May 2017 15:58 WIB

Sandiaga Ingin Tingkatkan Saling Percaya Antara Buruh dan Perusahaan

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah buruh menggelar aksi Hari Buruh Internasional di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Pusat, Senin (1/5).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah buruh menggelar aksi Hari Buruh Internasional di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Pusat, Senin (1/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno ingin meningkatkan rasa saling percaya antara serikat pekerja dengan dunia usaha. Menurut dia, peningkatan rasa saling percaya tersebut bisa dilakukan melalui dialog terbuka yang difasilitasi oleh pemerintah.

"Pertama yang paling penting itu adalah membangkitkan trust, membangkitkan kepercayaan antara dunia usaha dan teman-teman serikat pekerja. Ini harus difasilitasi oleh pemerintah," kata Sandiaga di Gelanggang remaja, Jalan Otto Iskandardinata, Jakarta Timur, Selasa (2/5).

Sandi juga mengaku sudah menangkap aspirasi yang disampaikan para buruh, dimana mereka ingin peningkatan kesejahteraan. Salah satu yang diharapkan buruh dalam upaya peningkatan kesejahteraan tersebut adalah penyesuaian upah minimum provinsi (UMP).

"Buruh menginginkan adanya sebuah peningkatan kesejahtaearaan dan salah satu yang diangkat itu dalah penyesuaian UMP. Bagaimana juga mereka ke depan bisa lebih fix waktu kerjanya, jadi tidak semena-mena bisa dihentikan melalui terminasi. Ini akan coba kita adopsikan," kata Sandi.

Sandi meyakini, dunia usaha tidak akan keberatan untuk meninhkatkan UMP. Hanya saja, menurutnya itu harus dibarengi peningkatan produktivitas dari para buruh.

"Dunia usaha boleh saja naik UMP asal saja ada peningkatan produktivitas secara signifikan. Di sini peran pemerintah untuk menjadi fasilitator," ujar Sandi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement