Jumat 28 Apr 2017 17:59 WIB

Museum Dewantara Kirti Gelar Jalan Sehat Hingga Dhahar Kembul

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yudha Manggala P Putra
Museum Dewantara Kirti Griya
Foto: Wikipedia
Museum Dewantara Kirti Griya

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) Ki Hadjar Dewantara sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Selasa (2/5) mendatang, Museum Dewantara Kirti Griya (MDKG) menggelar beberapa rangkaian acara. Di antaranya jalan sehat bersama keluarga Taman Siswa dan masyarakat umum, Diskusi Mben Selasa Edisi Spesial, dan Pengerukan Tumpeng Syukuran dan Dhahar Kembul.

Jalan Sehat rencananya akan dilaksanakan pada Senin (1/5) pada pukul 06.30 WIB dengan hadiah 2 sepeda gunung dan aneka doorprize. Selain itu, pada Selasa (2/5) diadakan Diskusi Mben Selasa pada pukul 09.00 WIB dengan tema Pendidikan Kebangsaan; Konsep & Implementasinya.

Diskusi itu menghadirkan narasumber, mantan ketua Dewan Pendidikan Provinsi DIY dan anggota Badan Pinisepuh Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa Prof. Wuryadi, serta Atase Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia untuk India, Prof. Iwan Pranoto.

Setelah diskusi selesai akan dilangsungkan acara pengerukan tumpeng, yaitu sebagai simbol menggali lebih dalam lagi konsep & pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Lalu dilanjutkan Dhahar Kembul, sebagai wujud persatuan & kebersamaan untuk nyengkuyung bersama memperjuangkan penerapan ajaran-ajaran Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan di Indonesia.

Tujuan acara ini antara lain untuk  mengingatkan kepada masyarakat bahwa Ki Hadjar Dewantara bukan hanya milik Tamansiswa, tetapi milik rakyat Indonesia. Selain itu, tujuan lain di antaranya sebagai upaya membumikan konsep dan pemikiran Ki Hadjar Dewantara melalui kegiatan-kegiatan nyata yang diharapkan memberikan hasil yang memicu masyarakat umum menyadari pentingnya konsep-konsep asli pendidikan milik Ki Hadjar Dewantara untuk dijadikan patokan menjalankan pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement