Kamis 27 Apr 2017 20:12 WIB

Parpol Mulai Survei untuk Pilkada Serang 2018

Pilkada (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Sejumlah partai politik di Banten mulai bersiap-siap menghadapi pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2018. Ada empat daerah di Banten yang akan mengikuti Pilkada serentak salah satunya Kota Serang.

Partai Demokrat merupakan salah satu parpol yang mulai mempersiapkan diri untuk menghadapi Pilkada serentak 2018 yang digelar di Kota Serang, Kabupaten Lebak, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang.  Untuk Kota Serang, partai pimpinan Soesilo Bambang Yudhoyono itu sudah memantau dan segera melakukan survei bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serang.

"Kami tentu mengutamakan kader internal, tapi juga terbuka untuk eksternal. Termasuk memantau birokrat, ya kami sedang melihat potensi yang ada, birokrat ada dari kabupaten/kota, ada birokrat provinsi juga yang cukup bagus," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Banten Mediawarman di Serang, Kamis (27/4).

Ia mengatakan selama ini Partai Demokrat terbuka dalam proses penjaringan bakal calon, baik yang berasal dari internal partai politik maupun dari eksternal. "Kita terbuka, tidak mementingkan ego sektoral partai. Tapi, bagaimana pilkada menghasilkan pemimpin terbaik. Sehingga nanti akan dibuka proses penjaringan, baik internal dan luar," kata Mediawarman.

Bagi Demokrat, kata dia, tidak menutup kemungkinan jika ada calon terbaik dari eksternal akan diusung. Dalam waktu dekat, Demokrat akan menggelar musda dan muscab untuk persiapan Pilkada 2018 ini dan Pileg 2019.

Senada disampaikan Ketua DPW Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Wawan Iriawan. Partai Nasdem akan mengusul bakal calon kepala daerah yang unggul berdasarkan hasil survei. "Nasdem berdasarkan survei aja. Tapi, kalau ada kader yang bagus ya. Non kader juga dibuka. Misalnya, anggota dewan, birokrat atau tokoh masyarakat," kata Wawan.

Menurut Wawan, dalam rangka persiapan menghadapi Pilkada serentak 2018, saat ini Nasdem sedang persiapkan melaksanakan survei calon. "Kita akan lakukan survei dulu," kata wawan.

Ketua DPW PKS Banten Miftahudin, mengatakan pihaknya juga masih memantau sejumlah kandidat yang akan diusung, baik dari internal maupun eksternal termasuk kalangan birokrat untuk menghadapi pilkada serentak di sejumlah daerah di Banten. "Ya, PKS juga sedang persiapan, kalau pembahasan masih berjalan untuk kandidat. Teman-teman memang semangat mengusung kader internal untuk maju, tetapi kita terbuka untuk umum, birokrat juga, kita masih mantau aja, popularitasnya dan elektabilitas, kita cari visi yang sama dengan PKS," kata Miftah.

Selain itu, PKS juga sedang melakukan survei kepuasan masyarakat dan juga survei kinerja pemerintahan era saat ini. "Ya, bulan depan finalnya," kata Miftah.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement