Kamis 27 Apr 2017 13:50 WIB

Dongkrak Kualitas Wartawan, PWI Bandung Gelar UKW

Ketua PWI Pokja Kota Bandung Hardiyansyah (kanan), Ketua PWI Provinsi Jabar Mirza Zulhadi (tengah) dan Ketua PWI Perwakilan Kabupaten Ciamis Anjar Asmara (kiri) tengah merumuskan agenda kerja PWI 2017 di Bandung, Kamis (27/4).
Foto: Dok PWI Pokja Kota Bandung
Ketua PWI Pokja Kota Bandung Hardiyansyah (kanan), Ketua PWI Provinsi Jabar Mirza Zulhadi (tengah) dan Ketua PWI Perwakilan Kabupaten Ciamis Anjar Asmara (kiri) tengah merumuskan agenda kerja PWI 2017 di Bandung, Kamis (27/4).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pokja Kota Bandung akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Savoy Homann Bidakara Hotel, Kota Bandung 9-10 Mei 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kualitas kerja wartawan di Provinsi Jabar. 

Ketua PWI Pokja Kota Bandung Hardiyansyah mengatakan, kegiatan ini selaras dengan program kerja Dewan Pers dalam meningkatkan kualitas insan wartawan. Menurut dia, perkembangan informasi yang disajikan ke masyarakat tidak terlepas dari peran wartawan.

Oleh karena itu, menurut dia, agar informasi yang yang beredar ke masyarakat semakin berkualitas, maka dibutuhkan peningkatan kualitas kerja para wartawannya. PWI, tegas dia, berkewajiban meningkatkan kualitas insan pers.

‘’Ini merupakan bagian dari tanggung jawab PWI terhadap bangsa dan negara,’’ ujar Andy, panggilan akrab Hardiyansyah, Kamis (27/4). UKW, sebut dia, adalah bagian dari upaya sistematis dan terukur untuk menjaga profesionalitas dan kehormatan profesi wartawan.

Dengan demikian, papar Andy, UKW boleh disebut sebagai standar keprofesionalan wartawan. Menurut dia, PWI Pokja Kota Bandung membuka kesempatan dan mengajak para wartawan di Kota Bandung dan Jawa Barat, untuk mengikuti UKW.

Rencananya, lanjut dia, pada kegiatan UKW akan disiapkan tiga jenjang, yakni muda, madya dan utama. Kata Andy, masing-masing tingkatan akan diuji langsung oleh Dewan Pers. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang mendukung kegiatan UKW, khususnya Bank BJB.

Ketua Panitia UKW PWI Pokja Kota Bandung Ferry Ardiyansah menambahkan, hingga kini persiapan pelaksanaan UKW sudah dinyatakan siap. Dia menjelaskan, undangan untuk mengikuti UKW sudah disebar ke seluruh media massa.

‘’Kita sudah mengirimkan undangan ke redaksi-redaksi, sementara undangan dan pemberitahuan ke Perwakilan-Perwakilan PWI, disampaikan oleh PWI Provinsi Jabar,’’ kata Ferry. Mengingat terbatasnya kuota peserta, pihaknya berharap rekan-rekan wartawan segera mendaftarkan ke sekretariat PWI Pokja Kota Bandung, Jalan Panaitan No. 23, Kota Bandung.

Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 17 April 2017, dan akan ditutup pada 6 Mei 2017. Panitia akan melayani pendaftaraan setiap hari kerja mulai pukul 10.00 WIB sampai 19.00 WIB.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement