Selasa 25 Apr 2017 15:40 WIB

ASM BSI Jakarta Siapkan Mahasiswanya Berkarya di PKM

ASM BSI menyelenggarakan sosialisasi PKM.
Foto: Dok BSI
ASM BSI menyelenggarakan sosialisasi PKM.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR  -- Pada tahun ini Akademi Sekretari dan Manajemen Bina Sarana Informatika Jakarta (ASM BSI Jakarta) menargetkan lebih dari sepuluh proposal dapat ikut serta  pada Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) pendanaan tahun 2018.

Salah satu upaya ASM BSI Jakarta untuk mencapai target tersebut dengan melaksanakan sosialisasi PKM yang berlangsung pada kegiatan Secretary Camp 2017 di Villa Yayasan Putra Putri Bahagia, Cimacan, Puncak, Bogor, Jawa Barat, Kamis (20/4/2017).

Bryan Givan,  Unit PKM Perguruan Tinggi Bina Sarana Informatika (BSI) menjelaskan saat menjadi pembicara, bahwa Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menjadi gengsi terbesar di kalangan mahasiswa, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Terbukti dengan jumlah proposal yang terkumpul tahun 2016 mencapai 64.000 eksemplar dengan pendanaan mencapai Rp 32 miliar.

“PKM merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas,” kata Bryan.

 

Menurutnya, program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997 lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001 demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.

 

“Pada awalnya, PKM memiliki lima sub program, yaitu PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Finalis dari masing-masing PKM akan dilombakan dalam Pekan Ilmiah Nasional,” ungkapnya.

Selanjutnya, kata Bryan, penyusunan proposal PKM cenderung menjadi aktivitas mahasiswa pada awal tahun ajaran karena tenggang waktu pengumpulan proposal ke Dikti biasanya ditetapkan pada semester ganjil.

“Terhitung sebanyak 17 kelompok yang sudah berhasil mengumpulkan proposal PKM dalam rangka persiapan PKM 2017, optimis dan yakin lolos pendanaan PKM 2018,”  pungkas Bryan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement