Sabtu 22 Apr 2017 09:07 WIB

Fotografer Republika Raih Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2017

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Budi Raharjo
Wihdan hidayat
Foto: Republika
Wihdan hidayat

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Fotografer Harian Republika, Wihdan Hidayat, berhasil meraih penghargaan Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2017 dalam kategori People in News. Wihdan bertengger di posisi ketiga dalam kategori tersebut melalui karyanya yang berjudul Cium Tangan Mega, yang menunjukkan Jenderal Pol Budi Gunawan sedang mencium tangan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Sementara itu, juara satu dalam kategori yang sama diraih oleh Irsa Triansyah dari Koran Sindo dengan judul Tangis Histeris dan juara dua diraih Wisnu Widiantoro dari Kompas dengan judul Jokowi dan Prabowo.

APFI 2017 merupakan ajang pemberian penghargaan bagi foto-foto terbaik Indonesia yang digagas oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI). Acara tahunan bergengsi yang diselenggarakan untuk ketujuh kalinya ini digelar di Galeria Fatahillah, Jakarta, Jumat (21/4) dan dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Sebanyak 15 karya foto jurnalistik terbaik telah dipilih dari 5.488 karya foto yang dikirimkan oleh 410 pewarta foto dan 127 peserta Citizen Journalism. Selain itu, ada juga satu karya multimedia terbaik yang dipilih dari 37 karya multimedia yang dikirimkan oleh 26 peserta. Tahun ini PFI kembali memberikan penghargaan khusus Foto Jurnalistik Terbaik 2017 yang dipilih dari seluruh kategori foto yang masuk dan Life Time Achievement untuk melengkapi deretan penghargaan yang diberikan.

Ribuan foto yang masuk diseleksi secara seksama oleh para dewan juri yang diketuai oleh Oscar Motuloh bersama Adek Berry, Agus Susanto, Beawiharta, Kemal Jufri, Hariyanto, Rasdian A Vadin dan Eddy Hasby. Ribuan foto yang diterima selama periode 1 Januari 2016 sampai 31 Desember 2016 diakurasi dengan pertimbangan konsep, materi, mutu, kualitas, dan estetika.

“Penghargaan bagi foto-foto jurnalistik terbaik ini digelar PFI sejak 2009 ini bertujuan untuk menstimulasi semangat teman-teman pewarta foto untuk terus berjuang menghasilkan karya-karya foto yang mampu ‘berbicara’, merekam dengan jujur momen-momen yang menjadi bagian dari kehidupan, dan metamorfosis perjalanan bangsa ini,” ujar Ketua Pelaksana APFI 2017, Agung Rajasa, Jumat (21/4).

Pada penyelenggaraan tahun ini APFI berikan penghargaan bagi delapan foto terbaik dari delapan kategori yang terdiri dari kategori single dan photo story, yakni General News, Daily Life, Environment and Nature, Sport, Spot News, People in News, Photo Essay, Art and Entertainment, dan Citizen Journalism. Tahun ini, APFI menambahkan kategori karya Multimedia Terbaik sebagai penghargaan bagi pewarta foto yang mampu memanfaatkan perkembangan dunia teknologi saat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement