Jumat 21 Apr 2017 05:33 WIB

KRI Bung Tomo Merapat di Mersin Turki

Pasukan perdamaian yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXIII-H Unifil Lebanon berbaris untuk mengikuti upacara melepas keberangkatan KRI Bung Tomo-357 ke Lebanon di dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta.
Foto: Antara/Syaiful Arif
Pasukan perdamaian yang tergabung dalam Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Konga XXIII-H Unifil Lebanon berbaris untuk mengikuti upacara melepas keberangkatan KRI Bung Tomo-357 ke Lebanon di dermaga Mako Kolinlamil, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Bung Tomo-357 merapat di Dermaga Mersin, Turki usai menyelesaikan tugas perdamaian di Laut Mediterania, Lebanon.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada Republik Indonesia Wilayah Timur Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman di Surabaya, Kamis (20/4), menginformasikan KRI Bung Tomo tiba di salah satu dermaga internasional negeri Turki itu pada sekitar pukul 08.00 waktu setempat, Rabu.

"Setibanya di Dermaga Mersin disambut oleh Atase Pertahanan RI untuk Turki Kolonel Laut (S) Yusliandi Ginting, didampingi Asisten Atase Pertahanan Mayor Kav Jeffri, dan Manager Security Mersin International PortAhmad Ceylani," katanya.

Atase Yusliandi mengucapkan selamat datang kepada seluruh prajurit KRI Bung Tomo yang tergabung dalam Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL. Komandan KRI Bung Tomo yang juga Komandan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo bersama para pejabat Atase Pertahanan RI di Turki, kemudian berkunjung ke Kantor Komandan Zona Laut Mediterania Rear Admiral Kadir Yildiz, yang berlokasi tak jauh dari Dermaga Mersin.

Rombongan KRI Bung Tomo disambut baik oleh Rear Admiral Kadir Yildiz di ruang kerjanya. Rear Admiral Kadir mengatakan kunjungan dari awak KRI Bung Tomo ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi Angkatan Laut Turki.

Perwira Tinggi yang membawahi Zona Laut Mediterania ini berharap ke depan Angkatan Laut Turki dan Indonesia bisa meningkatkan kerjasama dalam bidang latihan maupun keamanan. Kunjungan awak KRI Bung Tomo kemudian dilanjutkan ke kantor pusat Pelabuhan Internasional Mersin, yang diterima langsung oleh Direktur Utama Pelabuhan Internasional Mersin Frans JOL. Orang nomor satu di Mersin Port ini mengatakan akan selalu siap membantu KRI Bung Tomo selama berlabuh di Dermaga Mersin.

"Kita selalu terbuka jika suatu saat nanti KRI Bung Tomo kembali lagi ke Mersin," katanya. Menurut Maman, kunjungan ke kantor pusat Pelabuhan Internasional Mersin itu diakhiri dengan saling tukar cendera mata dan foto bersama

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement