Selasa 18 Apr 2017 16:58 WIB

KPU: Putaran Kedua Pilkada DKI Sudah Siap 100 Persen

Rep: Dian Erika N/ Red: Andi Nur Aminah
 Ketua KPU DKI Sumarno menunjukkan contoh surat suara untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (23/3).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ketua KPU DKI Sumarno menunjukkan contoh surat suara untuk putaran kedua Pilkada DKI Jakarta di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (23/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno, memastikan pihaknya telah siap melaksanakan pemungutan suara putaran kedua Pilkada. Seluruh kebutuhan pemungutan dan penghitungan suara telah selesai dipersiapkan. 

"Kesiapan pelaksanaan pemungutan suara putaran kedua pada Rabu (19/4) sudah mencapai 100 persen. Keperluan logistik dan pendistribusiannya sudah kami selesaikan," ujar Sumarno kepada Republika.co.id di Kantor KPU DKI Jakarta, Selasa (18/4).

Selain logistik, KPU DKI juga memastikan kesiapan petugas dan sarana pemungutan suara. Menurut Sumarno, pada Rabu nanti, ada 13.034 TPS yang akan digunakan untuk pemungutan suara. 

Sebagian besar TPS, kata dia, telah selesai didirikan. "Namun, masih ada beberapa TPS yang akan didirikan pada Selasa malam. Rabu pagi semua TPS dipastikan telah selesai didirikan," tutur Sumarno. 

Sementara itu, warga DKI Jakarta yang telah terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan daftar pemilih pindahan (DPPh) dapat menggunakan hak pilihnya mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Bagi pemilih yang terdata di daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) dapat menggunakan hak pilih mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. 

Saat disinggung tentang pergerakan massa dari luar Jakarta, Sumarno menegaskan masyarakat tidak perlu merasa khawatir. "Semua TPS sudah ada yang mengamankan, baik oleh pengawas, saksi-saksi dan pihak keamanan," tambahnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement