Kamis 13 Apr 2017 18:12 WIB

MUI Ajak Warga DKI Sukseskan Pilkada dengan Cara Santun

Rep: Singgih Wiryono/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia, Zainut Tauhid mengajak pada seluruh warga DKI untuk menyukseskan pesta demokrasi pemilihan gubernur DKI Jakarta.

Zainut mengatakan, untuk menyukseskan pesta demokrasi Pilkada putaran kedua, harus dilakukan dengan cara yang santun dan demokratis.

"Untuk itu mari kita sukseskan pesta demokrasi ini dengan cara-cara yang santun, beradab dan akhlakul karimah. Siapa pun yang terpilih, pemenangnya adalah warga DKI Jakarta," ujarnya saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (13/4).

Zainut mengatakan, para kandidat paslon dalam debat kandidat semalam sudah menyampaikan pesan moral untuk siap menang dan siap kalah. Hendaknya semangat tersebut, kata dia, jangan hanya berhenti di tingkat elite saja, tetapi juga harus dirasakan oleh semua timses dan pendukungnya.

"Sehingga tidak terjadi ketegangan di masyarakat," katanya.

Pemilukada yang hakekatnya, menurut Zainut Tauhid, merupakan implementasi dari pelaksanaan nilai-nilai demokrasi. Pilkada putaran kedua ini, kata dia, harus berjalan dengan tertib, aman, jujur, adil dan menggembirakan.  "Sehingga semua masyarakat dapat menggunakan hak konstitusionalnya dengan senang tanpa ada tekanan dan ketakukan," pungkasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement