Rabu 05 Apr 2017 16:01 WIB

Mahasiswa AMIK BSI Purwokerto Kunjungi Pabrik Produksi Teh Kaligua

Kunjungan industri mahasiswa AMIK BSI Purwokerto.
Foto: Dok BSI
Kunjungan industri mahasiswa AMIK BSI Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Puluhan mahasiwa AMIK BSI Purwokerto yang tergabung dalam  Himpunan Mahasiswa Manajemen Informatika (HIMMI) melakukan kunjungan belajar ke salah satu perusahaan BUMN PT Perkebunan Nusantara IX Kaligua yang berlokasi di Desa Pandansari, Brebes, Jawa Tengah,  Jumat (31/03/2017).

“Kunjungan ini sebagai bagian dari penyelarasan dunia akademisi dengan dunia industri. Tidak hanya teori yang didapatkan di kelas, tetapi dapat mengetahui langsung bagaimana sistem yang diterapkan oleh perusahaan,”  kata Kepala Kampus AMIK BSI Purwokerto Chandra Kesuma saat  memberikan keterangan, Sabtu (1/4/2017).

Chandra menambahkan,mahasiswa diberi kesempatan untuk berkeliling dan melihat langsung produksi pembuatan teh Kaligua yang dipandu oleh salah satu pekerja dari PT Perkebunan Nusantara IX. Termasuk di dalamnya diagram alur proses produksi pabrik teh, dilanjutkan dengan tahap-tahap pengolahan teh, dari pelayuan daun teh segar, penggilingan, penyortiran, fermentasi, pengeringan dan pengepakan.

Para peserta cukup antusias mengikuti sesi pemaparan tersebut. Mereka  banyak  bertanya dan   langsung dijawab oleh pemandu dari PT  Perkebunan Nusantara IX.

Chandra mengemukakan, dengan mengikuti kunjungan industri ini, mahasiswa dapat memahami alur kerja dari sebuah sistem di perusahaan. “Tentunya kunjungan industri ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa kami. Yakni,  sebagai bekal mereka setelah lulus kuliah dan bekerja di perusahaan,” pungkas Chandra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement