Clock Magic Wand Quran Compass Menu

Tingkatkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Depok Buka Gerai di Mal

Rep: Rusdy Nurdiansyah
Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melayani peserta di kantor BPJS Kesehatan Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (29/6).
Antara/Abriawan Abhe Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melayani peserta di kantor BPJS Kesehatan Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (29/6).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuka point of service di salah satu mal atau pusat perbelanjaan di Depok mulai tanggal 1 April 2017. Masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Sponsored
Sponsored Ads

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok, Nurifansyah menuturkan, upaya membuka layanan di lokasi keramaian seperti mal, bank, kantor Pos, kelurahan dan kecamatan adalah untuk memberikan aksesibilitas pendaftaran bagi calon peserta mandiri di seluruh Indonesia termasuk di Kota Depok.

Ifan menambahkan, guna memberikan kenyaman ke masyarakat. Pihaknya pun melakukan berbagai kerja sama dengan para stakeholder, mulai dari pemerintah hingga perusahaan swasta. Langkah tersebut merupakan upaya percepatan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Scroll untuk membaca

“Warga Depok yang sedang jalan ke mal cukup mengisi daftar isian. Kemudian nomor virtual account (VA) akan dikirim ke telepon genggam peserta. Jadi mereka tinggal membayar iuran paling lambat 14 hingga 30 hari, setalah VA diterbitkan, kartu tinggal dikirim kerumah peserta,” pungkasnya.

Langkah tersebut direspons baik oleh warga Depok. Seperti yang dikatakan warga Citayam, Kecamatan Cipayung, Indah Widayanti, point of service sangat membantu masyarakat. Karena tidak perlu datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

“Saya langsung datang ke point of service karena belum punya kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Rupanya persyaratannya mudah hanya membawa KTP elektronik (e-KTP). Kemudian melampirkan nomor rekening bank, nanti kartu akan dikirim ke alamat rumah,” tutur Indah, Rabu (5/4).

Warga Kampung Kekupu, Kelurahan Rangkepan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Ariesta Oktaviany menuturkan, upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan sangat memudahkan masyarakat. Terlebih, untuk warga Depok yang tidak memiliki waktu luang dan tak sempat ke kantor BPJS Kesehatan.

"Saya sendiri sudah mempunyai kartu dan ingin mendaftarkan keluarga lainnya di sini. Saat tahu ada pendaftaran JKN di mal, saya segera memanfaatkan peluang itu. Persyaratannya, cukup dengan e-KTP dan melampirkan rekening serta mengisi formulir isian dibantu petugas," jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkait

Rekomendasi

Republika TV

>

Terpopuler

>