Rabu 05 Apr 2017 06:50 WIB

Peran Orang Tua Penting Lindungi Anak dari Pedofil

pedofilia - ilustrasi
Foto: blogspot.com
pedofilia - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Kapolda Maluku Brigjen Polisi Ilham Salahudin mengatakan, peranan orang tua dan keluarga sebenarnya lebih dominan untuk anak. Terlebih dalam menjaga serta melindungi anak-anaknya yang masih di bawah umur agar bisa terhindar dari ancaman kasus pedofilia.

"Penanganan masalah ini tentunya sudah melalui Binmas Polda, tetapi sebenarnya tugas dan peran orang tua serta keluarga untuk kasus ini sangat besar dalam mengawasi anak-anaknya," kata Kapolda di Ambon, Selasa (4/4).

Menurut Kapolda, pedofilia itu menjadi ancaman setiap saat dan yang lebih berperan adalah keluarga. Dengan maraknya penggunaan media sosial dewasa ini bukan saja membawa dampak positif bagi masyarakat, namun dampak negatifnya juga lebih besar bila tidak dilakukan pengawasan secara kontinyu.

"Dahulu kita dengar ada anak-anak yang lari karena kenalan dengan orang tidak jelas lewat facebook dan jangan polisi yang disalahkan karena orang tua tidak intesif melakukan kontrol," kata dia.

Kapolda mengapresiasi sekolah-sekolah yang telah melarang muridnya membawa sarana yang rawan memiliki akses untuk media sosial. "Pedofilia itu sudah ada sejak zaman saya belum menjadi polisi, hanya saja saat itu informasinya masih serba terbatas sehingga kurang diketahui publik ketika terjadi kasus seperti itu di suatu daerah," kata kapolda.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement