Selasa 04 Apr 2017 17:25 WIB

Penayangan Video Ahok tak Berjalan Lancar

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Teguh Firmansyah
Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memasuki ruang persidangan kasus dugaan penistaan agama oleh PN Jakarta Utara di Auditorium Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (4/4).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memasuki ruang persidangan kasus dugaan penistaan agama oleh PN Jakarta Utara di Auditorium Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (4/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -  Sidang lanjutan kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memasuki sidang ke-17. Agenda sidang kali ini adalah pembuktian dari Jaksa Penuntut Umum dan Penasihat Hukum serta keterangan dari terdakwa.  

Sejak pagi, sampai saat ini pembuktian dengan penayangan video masih terus berjalan. Namun, penanyangan  video sebagai barang bukti  tidak sepenuhnya berjalan lancar.

Dari beberapa video yang ditayangkan dua video mengalami gangguan. Yakni, video tentang budidaya Kerapu di Kepulauan Seribu yang diajukan Jaksa Penuntut Umum mengalami gangguan suara. Sementara video lain, yakni tentang kehadiran Ahok-Djarot di DPP Nasdem, juga sempat bermasalah saat diputar.

Ketua Tim Penasihat Hukum Ahok, Trimoelja Soejardi mengaku tidak mempermasalahkan adanya hambatan penanyangan barang bukti   yang diajukan JPU.

"Yang penting itu semua yang jelas dalam konteks budidaya ikan. Itu semua tapi yang penting terdengar tadi yang dipersoalkan yang transkripnya ada dalam surat dakwaan. Itu kan terdengar jelas semua. Yang penting itu," kata Trimoeldja di Auditorium Kementrian Pertanian, Jalan Harsono, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (4/4).

Menurut Trimoelja, beberapa video yang ditayangkan membuktikan kalau Ahok hanya berbicara sebagai angin lalu. Dengan demikian, video yang diajukan JPU sudah mampu membuktikan kalau Ahok tidak melakukan penistaan agama.  "Kalau orang objektif menilai itu tadi lengkap, yang panjangnya sekitar 1 jam 48 menit, itu saya kira mustahil ada penodaan agama, penodaan alquran, penghinaan ulama," kata Trimoeldja.

Ihwal pemutaran video dialog Ahok-Djarot di kantor DPP Partai Nasdem, menurut Trimoelja, tim penasihat hukum bisa saja menolaknya sebagai alat bukti.

Ini lantaran, video tersebut tiba-tiba langsung menayangkan adegan wawancara Ahok-Djarot setelah Ketua DPP Partai Nasdem memberikan sambutan. Terlebih, video tersebut tidak ditayangkan secara utuh. Belum lagi ada keadaan file empty muncul selama persidangan.

"Kalau itu nanti tidak bisa dilihatkan secara utuh, ya kami tolak sebagai alat bukti," kata Trimoeldja.

Baca juga, Sidang Ahok Kali Ini Dianggap Krusial.

Trimoeldja menilai, kemunculan video yang tidak utuh sebagai bentuk kecerobohan JPU. Seharusnya, JPU memeriksa barang bukti, terutama video yang akan diputar secara intensif, tidak akan ada masalah. Ia melihat penyerahan berkas ke pengadilan layaknya sarana lepas tangan.

"Itu kan jelas seperti bola panas," kata Trimoeldja.

Ahok didakwa melakukan penodaan agama karena mengutip surat Al-Maidah ayat 51 saat kunjungan kerja di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Ahok dengan dakwaan alternatif antara Pasal 156 huruf a KUHP atau Pasal 156 KUHP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement