Ahad 02 Apr 2017 13:40 WIB

Kecelakaan Bus Wisata di Gunungkidul Diduga Akibat Kelebihan Beban

Rep: Yulianingsih/ Red: Bayu Hermawan
Ilustrasi kecelakaan
Foto: IST
Ilustrasi kecelakaan

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Penyebab kecelakaan bus wisata dari Dusun Gerung, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah di tanjakan Pok Cucak, Desa Sidorejo Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta pada Ahad (2/4) pagi, diduga akibat kelebihan beban penumpang.

Mini bus jenis Elf dengan nomor polisi D 7124 AN ini secara seharusnya hanya diisi oleh 16 penumpang saja. Namun kenyataanya mini bus tersebut diisi 21 penumpang termasuk balita di dalamnya.

"Indikasi awal memang karena kelebihan penumpang dan pengemudi tidak hafal medan," ujar Kepala Humas Polda DIY, AKBP Yulianto kepada Republika.co.id, Ahad (2/4).

Selain kelebihan penumpang, dari hasil pemeriksaan awal ban kendaraan mini bus tersebut juga gundul atau tidak layak jalan. Hal ini juga menjadi penyebab atas kecelakaan tunggal yang menewaskan empat penumpang tersebut.

"Penyidikan maish terus dilakukan termasuk pada pengemudi," katanya.

Hingga saat ini kata dia, ada 14 orang yang maish dirawat intensif di rumah sakit sekitar Wonosari, Gunungkidul. Sementara korban meninggal juga masih berada di rumah sakit.

Identitas korban yang meninggal tersebut antara lain Muhammad Akshin (23), Khairul Amar (29), Abdul Khafidz (22), dan satu balita bernama Akila Nuri (1). Rombongan wisatawan asal Kudus ini bermaksud melakukan liburan di Pantai Indrayanti dan Pulangsawal Gunungkidul.

(Baca: Bus Rombongan Wisatawan Kudus Terguling, 4 Meninggal)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement