Rabu 29 Mar 2017 06:17 WIB

BMKG Ingatkan Jabodetabek Potensi Hujan Petir Disertai Angin Kencang

Rep: Arif Satrio/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas berusaha membersihkan pohon mahoni yang tumbang di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (30/8). Pohon tumbang akibat hujan deran disertai angin kencang tersebut menyebabkan kemacetan kendaraan sepanjang tiga Kilometerdi dalah satu ruas Jalan
Foto: Rakhmawaty La'lang
Petugas berusaha membersihkan pohon mahoni yang tumbang di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (30/8). Pohon tumbang akibat hujan deran disertai angin kencang tersebut menyebabkan kemacetan kendaraan sepanjang tiga Kilometerdi dalah satu ruas Jalan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sehari sebelumnya pada (28/3) terjadi hujan es disertai petir dan angin kencang, pada Rabu (29/3) BMKG kembali peringatkan Jakarta untuk mengantisipasi potensi terjadinya hujan disertai petir dan angin kencang. Hal itu kemungkinan akan terjadi antara siang dan sore hari.

Berdasarkan pantauan BMKG, seluruh wilayah Jabodetabek--kecuali Kepulauan Seribu--diprediksi akan terjadi hujan disertai petir dan angin kencang. Adapun waktunya sekitar siang menuju sore hari dengan durasi yang singkat. Sementara untuk pagi hari, cuaca seluruh Jabodetabek diprediksi cerah berawan.

Untuk malam hari, BMKG memprediksi cuaca sejumlah wilayah di Jabodetabek mengalami cerah berawan. Wikayah itu adalah Bogor, Depok, Jakbar, Jakpus dan Jaksel. Sementara di Bekasi, Jaktim dan Jakut diprediksi akan mengalami hujan lokal di malam Hari. Cuaca Tangerang diprediksi cerah berawan. Sedangkan uaca Kepulauan Seribu di malam hari berawan saja.

Pada dini hari, diprediksikan 60 persen wilayah  Jabodetabek mengalami cuaca berawan. Hal itu terjadi di Depok, Jakbar, Jakpus, Jaktim, Jakut, dan Jaksel. Bekasi dan Bogor tergantau cerah berawan. Hujan lokal kemungkinan terjadi di Tangerang dan Kepulauan Seribu.

Meski homogenitas cuaca kerap terjadi, suhu dan kelembaban udara pada (29/3) terpantau berbeda-beda. Bekasi bersuhu 24 - 33 derajat celcius dengan kelembaban udara 65-95 persen. Sedangkan Bogor bersuhu 21-30 derajat celcius dengan kelembaban udara 65-90 derajat celcius.

Untuk Depok, suhu bekisar antara 24-32 derajat celcius dengan kelembaban udara sekitar 65 - 95 persen. Jakbar akan bersuhu 24 - 31 derajat celcius dengan kelembaban udara 70-95 persen. Lalu Jakpus diprediksi bersuhu 25-31 dengan kelembaban sebesar 70-95 persen.

Jakut akan bersuhu 25-31 derajat celcius dengan kelembaban tertinggi, seperti Jakbar dan Jakpus, sekitar 70-95 persen. Sedangkan untuk Jaksel dan Jaktim, keduanya seragam bersuhu 24-32 derajat celcius dengan kelembaban 65-95 persen.

Lalu di Kepulauan Seribu, suhu bekisar 26-31 derajat celcius dengan kelembaban udara sekitar 70-90 persen. Sementara Tangerang bersuhu 24-32 derajat dengan kelembaban udara 65-95 persen. Atas potensi terjadinya hujan disertai petir dan angin kencang, warga diharapkan waspada dan selalu berhati-hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement