Ahad 26 Mar 2017 16:20 WIB

Kebakaran, Dua Warga Sukabumi Alami Luka-Luka

Rep: Riga Iman/ Red: Winda Destiana Putri
Kebakaran
Foto: ist
Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Peristiwa kebakaran kembali melanda Kabupaten Sukabumi. Kali ini kejadian kebakaran terjadi di Kampung Cibarengkok RT 01 RW 01 Desa Cimanggu Kecamatan Cikembar Sabtu (25/3).

Informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebukan, kebakaran terjadi sekitar pukul 08.00 WIB. "Kejadian tersebut menyebabkan dua orang warga luka bakar dan dibawa ke rumah sakit," terang Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Suryana kepada wartawan Ahad (26/3).

Diterangkan dia, dalam kebakaran tersebut hanya satu unit rumah yang ludes dilalap kobaran api yakni milik Tata Suparta (55 tahun). Rumah tersebut ditempati oleh lima orang anggota keluarga. Kini korban kebakaran yang selamat untuk sementara diungsikan ke tempat saudaranya yang terdekat.

Diduga lanjut Yana, peristiwa kebakaran disebabkan hubungan pendek arus listrik. Namun penyebab pastinya masih harus dilakukan penyelidikan lebih lanjut.Menurut Yana, kejadian ini menambah daftar panjang kasus kebakaran pada Maret 2017. Selain menyebabkan kerusakan rumah, kebakaran juga menyebabkan seorang warga meninggal dunia.

Data Pusdalops BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, peristiwa kebakaran yang menyebabkan seorang warga tewas terjadi  di Kampung Cisalak RT 36 RW 07 Desa Pada Benghar, Kecamatan Jampang Tengah pada 9 Maret lalu. Korban yang tewas adalah seorang nenek nernama Arnasih (75 tahun).

Korban kata Yana, diduga tidak bisa menyelamatkan diri dari peristiwa kebakaran. Informasi yang diperoleh, rumah tersebut dihuni oleh satu kepala keluarga (KK) atau setara lima jiwa. Namun pada saat kejadian di rumah tersebut hanya ada Arnasih. Sementara suaminya yakni Sudin (85) dan anggota keluarga yang lain sedang tidak ada di rumah.

Jumlah kerugian akibat bencana tersebut diperkirakan mencapai sekitar Rp 250 juta. Kebakaran serupa juga terjadi di dua wilayah berbeda pada 11 Maret. Pertama di Kampung Cisarua RT 12 RW 02, Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung. Dalam kejadian tersebut satu unit rumah ludes terbakar kobaran api.Lokasi kedua di Kampung Babakansari RT 02 RW 17, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak.

Dalam kejadian tersebut satu unit rumah milik Ejen (45) rusak akibat kobaran api.Di sisi lain, kasus kebakaran pada Januari dan Februari juga cukup banyak. Pada Januari kasus kebakaran mencapai sebanyak sembilan kasus dan Februari mencapai tiga kejadian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement