Jumat 24 Mar 2017 11:25 WIB

Aher: Sungai Cikijing Segera Dinormalisasi

Ahmad Heryawan
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan Sungai Cikijing yang selama ini menjadi salah satu faktor penyebab banjir di sekitar pabrik PT Kahatex, Rancaekek, Kabupaten Bandung, akan segera dinormalisasi. Langkah ini sebagai upaya jangka pendek dan jangka panjang dalam menangani banjir yang sering menggenangi jalan depan pabrik Kahatex tersebut

"Normalisasi di antaranya saat ini tengah dilakukan pembongkaran bangunan penutup Sungai Cikijing di kawasan Kahatex," kata Ahmad Heryawan dalam siaran pers, Jumat (24/3).

Ia mengatakan nantinya setelah pembongkaran selesai akan dibuat jembatan yang lebih tinggi sehingga tidak akan menghalangi aliran air Sungai Cikijing. "Pengerjaan ditargetkan mulai dilakukan April ini dengan waktu pengerjaan tiga minggu," kata dia.

Menurut dia, langkah lain yang dilakukan yaitu mengefektifkan kerja operator pompa air dna ketika banjir datang air dipompa oleh BBWS Citarum kemudian dialirkan kembali ke Sungai Cikijing nanti para operator tersebut akan berjaga di sekitar Kahatex selama 24 jam, sehingga akan ada antisipasi apabila banjir akan datang.

"Ketika banjir itu kan ada operator yang memompa air dikembalikan ke Sungai Cikijing. Ini juga akan segera kita tangani dengan baik supaya tidak ada jarak antara kejadian dengan pengelolaan pompa," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, langkah normalisasi lainnya dengan melakukan pengerukan dan pelebaran badan sungai dan untuk sementara dasar Sungai Cikijing akan dikeruk hingga kedalaman 1,5 meter. "Nanti akan dilakukan juga pengerukan lebih dalam dan pelebaran badan sungai sekaligus untuk lebih memperlancar aliran sungai," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement