Jumat 24 Mar 2017 08:52 WIB

DPR Minta Sumsel Contoh Singapura

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Andi Nur Aminah
Mujib Rohmat
Foto: DPR
Mujib Rohmat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi X DPR Mujib Rohmat mengatakan, terpilihnya Sumatra Selatan (Sumsel) sebagai tuan rumah Asian Games 2018 bisa memberikan efek 'lokal', baik untuk daerah dan juga masyarakat adat. "Menurut saya event Internasional seperti Asian Games akan memberikan secara ekonomis, dan efek untuk publikasi dari itu," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Kamis (23/3).

Menurut Mujib, untuk bisa merasakan dampak tersebut, sebaiknya Sumsel dapat mencontoh Singapura dan beberapa negara maju lainnya yang memanfaatkan olahraga untuk meningkatkan ekonomi dan promosi daerah. "Seperti penyelenggaran F1 di negara-negara lain. Para pendatangnya bukan untuk nonton, tapi untuk melihat negara tersebut, untuk belanja. Dari situ akan memberikan efeknya ekonominya dan juga sektar pariwisatanya," jelas dia.

Selain itu, Mujib pun menyarankan, agar Sumsel juga dapat melibatkan setiap atlet asli daerah untuk berlaga dalam sejumlah partandingan. Sebab, hal itu akan turut mengangkat popularitas Sumsel. 

"Saya juga berharap teman dari (Sumsel) itu juga mempersiapkan duta-duta yang bagus untuk pelayanan komunikasi dan pelayanan transportasi, informasi dan kemudahan lainnya," ujarnya.

Dia menambahkan, sebaiknya yang dilibatkan untuk duta tersebut adalah mahasiswa yang berprestasi untuk daerahnya. Karena Asian Games itu harus ada efek ekonomi dan sosial.

"Sebab, kalau di Jakarta semua orang sudah dengar publikasinya, namun untuk Sumsel kan belum, tentu ini (Asian Games, Red) akan sangat  bermanfaat bagi mereka," kata politikus Golkar tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement