Kamis 16 Mar 2017 13:51 WIB

Anies: Akhlak KH Hasyim Muzadi Layak Dicontoh

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Esthi Maharani
 Persiapan pemakaman Almarhum KH. Hasyim Muzadi di komplek Pesantren Al-Hikam, Depok, Jabar, Kamis (16/3).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Persiapan pemakaman Almarhum KH. Hasyim Muzadi di komplek Pesantren Al-Hikam, Depok, Jabar, Kamis (16/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut berbela sungkawa atas wafatnya ulama sekaligus tokoh bangsa KH Hasyim Muzadi. Anies menilai, mantan ketua umum PB Nahdlatul Ulama itu adalah sosok mulia yang patut dijadikan teladan bagi siapa pun.

"Beliau adalah ulama nasional. Akhlaknya mulia, menjadi contoh, dan kita semua mendoakan agar wafatnya husnul khatimah. Insya Allah dari ilmunya akan mengalir pahala tiada henti dari almarhum," kata Anies di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Kamis (16/3).

Anies mengaku banyak kenangan dengan almarhum. Sebagai mantan menteri pendidikan, Anies mengaku kerap bertemu dengan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (wantimpres) itu dalam berbagai kesempatan. Ketika mendengar Kiai Hasyim sakit, Anies mengaku sudah berniat menjenguk.

"Tapi ternyata Allah memanggil beliau pulang terlebih dahulu. Banyak kenangan kegiatan bersama dan rasanya baru kemarin semuanya," ujar dia.

Kiai Hasyim Muzadi wafat di usia 72 tahun pada Kamis (16/3) pagi di Malang, Jawa Timur setelah beberapa hari sempat dirawat di rumah sakit. Rencananya, kiai sepuh Nahdlatul Ulama itu akan dimakamkan siang ini di komplek Pondok Pesantren Al-Hikam yang diasuhnya, di Depok. Selamat jalan, Kiai Hasyim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement