Sabtu 11 Mar 2017 12:17 WIB

Lukisan Sukarno dan Wanita Telanjang di Postingan Pevita Pearce Dikecam

Rep: Febrian Fachri / Red: Ilham
Pevita Pearce
Foto: Republika
Pevita Pearce

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah unggahan di akun instagram aktris muda Indonesia Pevita Pearce mendapatkan banyak kecaman dari banyak netizen. Pevita mengunggah sebuah foto lukisan karya Ronald Manullang. Lukisan tersebut memperlihatkan Presiden Pertama Indonesia Sukarno dengan istrinya Ratna Sari Dewi.

Proklamator Indonesia itu sedang duduk di sebuah kursi dengan pakaian rapi memakai peci. Sedangkan Ratna di sebelah kanan Soekarno berdiri tanpa busana. Di tangan kanannya memegang payung yang memayungi Soekarno. Di tangan kiri Ratna ia memegang baju yang sepertinya jenis pakaian kimono. 

"Dewi Soekarno & Ir Soekarno by Ronald Manullang. My favorite painting of all time," begitu caption yang ditulis aktris pemeran Hayati di Film Zainuddin Hayati itu di akun Instagramnya @pevpearce, Sabtu (11/3).

Postingan Pevita ini banyak mendapat tanggapan dari puluhan pengikut dunia mayanya. Postingan ini dinilai telah melecehkan salah satu founding father bangsa Indonesia. 

 

"Anda publik figur. Tolong gunakan sosial media dengan bijak. Bedakan mana yang pantas di-share dan tidak. Seni berkelas sekalipun kalau tidak pantas ya jangan di-share," kata akun @netty_octav.

Begitu juga ditulis @rose2722 . Menurutnya, dengan memeragakan foto lukisan ini brarti tidak menghargai ayah kandung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ini sebagai bapak besar buat bangsa. "Aduh itu pahlawan Indonesia. Bahaya gambar ini tidak senonoh untuk dipamerkan. Please did delete. Gak baik dipamerkan," tulisnya.

Belum genap sejam unggahan Pevita tersebut mendapatkan puluhan ribu like dan ribuan komentar. Lebih banyak komentar menyayangkan dan mengecam. Tapi tidak sedikit juga yang membela Pevita. Salah satunya @andikdixy yang memuji karya lukisan yang diposting adik kandung Keenan Pearce itu. "Karya seni yang Indah. Sama seperti saya mbak Pevita penikmat seni," ujar dia.

Seperti diketahui Dewi Soekarno adalah salah satu istri Soekarno yang berasal dari Jepang. Nama lahirnya adalah Naoko Nemoto. Sukarno mengganti namanya menjadi Dewi sejak mereka menikah pada tahun 1962. Keduanya punya seorang putri bernama Kartika Putri Dewi Soekarno. 

Saat ini, postingan lukisan Sukarno tersebut sudah tak bisa dilihat di Instagram Pevita karena telah dihapus. Pevita Pearce yang dikonfirmasi Republika.co.id membenarkan bahwa itu adalah akun pribadinya. "Iya betul," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement