Jumat 10 Mar 2017 17:21 WIB

Jusuf Kalla Hadiri Pemakaman Mantan Mendagri

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Bilal Ramadhan
Mantan Mendagri Mohammad Maruf Meninggal Dunia
Foto: IST
Mantan Mendagri Mohammad Maruf Meninggal Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla menghadiri pemakaman mantan menteri dalam negeri Mochamad Ma'ruf di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta. Jusuf Kalla mengatakan, almarhum pada masanya merupakan menteri yang sangat efektif.

"Pada Pemilu 2004 beliau tim sukses kami dengan Pak SBY, tentu kami berterima kasih atas segala jasa-jasa beliau kepada negara dan bangsa," ujar Jusuf Kalla di Jakarta, Jumat (10/3).

Jusuf Kalla mengatakan, pada saat masih menjabat sebagai menteri, almarhum merupakan pekerja keras. Tak hanya itu, ketika Pemilu 2004, almarhum juga merupakan sosok yang bisa diandalkan. "Beliau sangat luar biasa dalam kebutuhan Pemilu 2004," kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla mengaku, momen yang paling diingat yakni almarhum pernah mengalami sakit ketika masih aktif menjabat sebagai menteri. Menurut Jusuf Kalla, saat itu dia merasa bingung karena almarhum merupakan tokoh yang sangat penting.

"Pada saat sedang aktif, beliau sakit, kasihan. Kami bingung karena beliau adalah yang penting," ujar Jusuf Kalla.

Mohammad Ma'ruf meninggal dunia karena sakit di Rumah Sakit Advent Bandung. Almarhum pernah menjabat sebagai menteri dalam negeri pada periode 2004-2007. Jenazah almarhum tiba di TMP Kalibata Jakarta sekitar pukul 14.30 WIB dan langsung disambut oleh Menkopolhukam Wiranto yang juga sebagai Inspektur Upacara dalam pemakaman tersebut.

Hadir pada upacara pemakaman Presiden ke enam Soesilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani, Gubernur BI Agus Martowardoyo, Boediyono, Sudi Silalahi, Dipo Alam, Taufiqurahman Ruki.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement