Ahad 05 Mar 2017 06:30 WIB

Pemerintah Kucurkan Dana untuk Perbaikan Pura Mangkunegaran Solo

Rep: Andrian Saputra/ Red: Bayu Hermawan
Pura Mangkunegaran
Foto: wordpress.com
Pura Mangkunegaran

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Pemerintah Pusat kembali mengucurkan dana untuk perbaikan Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah.  Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), Sri Hartoyo mengungkapkan total anggaran untuk renovasi Pura Mangkunegaraan pada APBN tahun ini sebesar Rp 25 miliar. 

"Renovasi pura Mangkunegaran ini agar menjadi bagus seperti semula, sekarang sedang persiapan finaslisasi disain menyampaikan gagasan-gagasan, tahun ini akan kita kerjakan," ujar Sri disela-sela kunjungannya ke Pura Mangkunegaran pada Sabtu (4/3).

Dua tahun terakhir Pemerintah memang sudah menggelelontorkan dana untuk renovasi bangunan yang menjadi warisan budaya itu. Sejak 2015 hingga 2016, Pemerintah pusat mengucurkan dana lebih dari Rp 9 miliar untuk perbaikan Pura Mangkunegaraan.

Beberapa yang perlu diperbaiki diantaranya yakni Panti Putro, Pagar Keliling, Gudang, Tempat Kereta, Pemukiman Kavaleri dan sebagainya.

"Tahu sebelumnya sudah dicicil, untuk tahun ini agak kita percepat saja. Kita selesaikan semuanya, yang umumnya itu atapnya banyak yang bocor, lalu cetnya mengelupas. Tapi perbaikannya jangan sampai merubah bangunan, cat pun mengikuti yang lama," katanya.

Sri menambahkan penataan juga akan dilakukan di lapangan Mangkunegaran. Setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Solo, jelas dia, lapangan tersebut diharpkan kedepannya dapan menjadi multifungsi.

Selain dapat dijadikan pasar warga untuk acara-acara budaya dan kegiatan lainnya, lapangan Mangkunegaran juga akan dijadikan sebagai lahan parkir untuk menampung kendaraan di sekitar ruas jalan Ronggowarsito.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement