Jumat 03 Mar 2017 17:18 WIB

Ini Sembilan Draft Keputusan KPU DKI

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Esthi Maharani
KPU
KPU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno mengungkapkan saat ini ada sejumlah draft rancangan keputusan yang sedang disiapkan KPU DKI. Ada sembilan rancangan yang sedang dirundingkan.

Pertama, kata Sumarno, terkait dengan tahapan program dan jadwal selama putaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI putaran kedua. Kemudian pembahasan kedua terkait rancangan keputusan tentang penetapan pasangan calon untuk putaran kedua. Ketiga, tentang hari H pemungutan suara putaran kedua.

Pembahasan keempat, sambung Sumarno tentang pemutakhiran data pemilih. Serta pembahasan tentang kampanye. dan dana kampanye yang terdapat dalam pembahasan rancangan kelima dan keenam.

"Kemudian, pembahasan ketujuh tentang pemungutan dan penghitungan suara. Delapan, tentang rekapitulasi hasil pemungutan suara. Sembilan, tentang penetapan calon terpilih. Semuanya dalam bentuk rancangan," ungkap Sumarno

Rancangan tersebut, kata Sumarno akan dikonsultasikan dengan KPU RI. "Kami sudah dua kali melakukan rapat konsultasi dan kami membuat rancangan keputusan dan melakukan uji publik kemarin mendapatkan masukan masukan-masukan dari masyarakat, tim kampanye pasangan calon, Bawaslu. Itu sudah dihimpun oleh KPU akan dilaporkan kembali ke KPU RI untuk sinkronisasi dengan rancangan keputusan yang ada. Dan kemudian baru akan ditetapkan, paling lama besok," jelasnya.

Rencananya, pada Sabtu (4/3) KPU DKI akan mengumumkan secara resmi dua nama pasangan calon yang maju di putaran kedua serta dipaparkan aturan di tahapan kedua Pilkada DKI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement